Bermanfaat Menurunkan Kolesterol, Berikut Penjelasan Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dari Berbagai Penelitian
Mangkuk berisi oatmeal. (Sumber foto : Freepik.com)
20:49
1 April 2024

Bermanfaat Menurunkan Kolesterol, Berikut Penjelasan Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dari Berbagai Penelitian

 Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang sangat mudah dibuat. Oat merupakan biji-bijian yang tersehat di dunia.

Oat adalah biji-bijian sehat bebas gluten yang memiliki sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan penting.

Dilansir dari healthline.com Senin (1/4), bahwasanya manfaat dari oat sangat banyak salah satunya menurunkan kolesterol. Berikut 5 manfaat yang ada pada oatmeal :

1. Oat memiliki banyak gizi.

Komposisi nutrisi pada oat sangat seimbang. Oat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan. Oat juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, dengan keseimbangan asam amino esensial yang baik.

2. Kaya akan antioksidan.

Oat utuh kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. Yang paling menonjol adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan di dalam gandum.

Penelitian telah menemukan bahwa avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi gas oksida nitrat.

3. Oat mengandung serat yang banyak.

Oat mengandung beta-glukan dalam jumlah besar, sejenis serat larut. Beta-glukan sebagian larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel di usus kita.

4. Oat dapat menurunkan kadar kolesterol.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Salah satu faktor risiko utama adalah kolesterol darah tinggi. Oat juga dapat melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa serat beta-glucan dalam oat efektif menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat). Beta-glukan dapat meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol sehingga mengurangi kadar kolesterol yang bersirkulasi dalam darah.

5. Oat dapat meningkatkan gula darah.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan umum yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah secara signifikan. Biasanya akibat menurunnya sensitivitas terhadap hormon insulin.

Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita obesitas atau penderita diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2020, kesehatan peserta dengan UC tidak aktif (diam) yang mengonsumsi oat bran setiap hari selama 24 minggu tetap terjaga, dan gejalanya tidak bertambah parah. Hal ini menunjukkan oat bisa dikonsumsi setiap hari.

Namun karena oat kaya akan serat, mungkin melihat perubahan pada tampilan tinja dan frekuensi buang air besar. Mengonsumsi oat dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan penyerapan nutrisi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #bermanfaat #menurunkan #kolesterol #berikut #penjelasan #manfaat #oatmeal #untuk #kesehatan #dari #berbagai #penelitian

KOMENTAR