Ibu Hamil Wajib Baca, Kenali 9 Makanan Mengandung Vitamin B6 hingga Manfaat untuk Kesehatan Janin
Makanan Mengandung Vitamin B6. (pexels.com)
08:34
19 Maret 2024

Ibu Hamil Wajib Baca, Kenali 9 Makanan Mengandung Vitamin B6 hingga Manfaat untuk Kesehatan Janin

 – Dalam menjalani masa kehamilan, tentu ibu hamil perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya karena hal ini mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Salah satunya adalah makanan yang mengandung Vitamin B6.

Dilansir dari laman National Institutes of Health, Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang secara alami terdapat dalam banyak makanan, ditambahkan ke makanan lain dan tersedia sebagai suplemen makanan.

Vitamin B6 ini memiliki peranan yang sangat penting untuk ibu hamil artinya tidak boleh kekurangan makanan yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin tersebut.

Meskipun begitu, mengonsumsi Vitamin B6 yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Dosis maksimal dalam sehari, ibu hamil hanya boleh mengonsumsi tidak lebih dari 100 mg.

Dilansir dari laman Kehamilan Sehat, ada beberapa manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6 selama kehamilan diantaranya :

  1. Dapat mengatasi keluhan mual dan muntah
  2. Dapat meningkatkan kesehatan fungsi otak dan sistem syaraf sehingga menunjang perkembangan bayi yang sehat
  3. Dapat menjaga kadar glukosa darah
  4. Mengoptimalkan kinerja tubuh ibu dan janin dalam metabolisme karbohidrat dan protein
  5. Dapat mencegah anemia
  6. Dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Dilansir dari laman Dokter Sehat, ada 8 makanan yang mengandung vitamin B6 diantaranya :

1. Kacang-kacangan

Untuk menjaga kebutuhan Vitamin B6 tercukupi, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan mulai dari kacang tanah, kacang kapri, kacang mente, dan kacang mede.

2. Salmon

Sudah tidak diragukan lagi dengan khasiat salmon untuk kesehatan termasuk ibu hamil dan janin. Salmon juga merupakan makanan dengan kandungan Vitamin B6 tertinggi dibandingan dengan yang lain.

 

3. Telur

Di dalam telur juga memiliki kandungan Vitamin B6 yang baik untuk menutrisi kebutuhan ibu hamil dan janin. Telur bisa langsung direbus atau bisa diolah menjadi hidangan yang lebih enak.

4. Daging

Daging merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan Vitamin B6 namun ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daging yang rendah lemak.

5. Beras Merah

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan Vitamin B6 yang satu ini sebagai pengganti beras putih. Apalagi ada yang terasa mual hendak makan nasi putih maka beras merah ini bisa menjadi solusi terbaik.

6. Buah-buahan

Ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin B6 seperti alpukat dan pisang.

7. Sayur-sayuran

Untuk sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan adalah sayuran yang berwarna hijau misalnya bayam, dan sawi.

8. Umbi

Kebutuhan Vitamin B6 untuk ibu hamil dan janin bisa terpenuhi dengan baik apabila mengonsumsi pula makanan jenis umbi-umbian seperti ubi, wortel, dan kentang.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #hamil #wajib #baca #kenali #makanan #mengandung #vitamin #hingga #manfaat #untuk #kesehatan #janin

KOMENTAR