10 Jenis Makanan yang Cocok Disantap untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Dijamin Menghangatkan dan Melegakan
Makanan berkuah hangat sangat tepat dikonsumsi mereka yang sedang mengalami radang tenggorokan. (Ent and Allergy Specialists)
11:37
25 Oktober 2024

10 Jenis Makanan yang Cocok Disantap untuk Meredakan Radang Tenggorokan, Dijamin Menghangatkan dan Melegakan

– Cuaca yang panas menyengat dan musim pancaroba seperti saat ini membuat orang bisa terkena radang tenggorokan. Penyakit ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman di tubuh. Selain membuat tenggorokan terasa kering dan sakit, gangguan ini juga menyebabkan orang susah menelan makanan. Tak heran, kalau penderita radang ini mengalami penurunan nafsu makan.

Sebagian besar orang akan memilih memakan obat untuk mengatasi radang tenggorokan ini. Tapi, makan obat pun harus disertai makan makanan bergizi untuk membantu percepatan penyembuhannya.

Mengutip Verywellhealth.com, ada sejumlah makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ketika mengalami radang tenggorokan. Makanan-makanan ini akan membantu meredakan rasa sakit di leher dan mempercepat proses pemulihan.

Apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi untu meredakan radang tenggorokan? Simak rekomendasinya berikut.

1. Sup dan makanan berkuah hangat

Kuah hangat secara alamiah terasa enak di tenggorokan yang sedang bengkak. Sup hangat buatan sendiri memberikan gizi penting yang dibutuhkan selama pemulihan.

Kandungan sodium di dalam sup memberikan efek melegakan, seperti berkumur dengan air garam. Rasa hangat dari sup atau kuah bisa membantu membersihkan hidung tersumbat, sehingga mengurangi pilek, yang menjadi kontributor terbesar radang tenggorokan.

2. Es

Es sering disebut sebagai penyebab utama radang tenggorokan. Tapi, makanan seperti es loli atau es krim dingin sering terasa enak disantap saat sedang radang tenggorokan.

Makanan pencuci mulut ini lunak dan terasa seperti menempelkan es batu di dalam tenggorokan. Untuk hasil yang baik, pilihlah es loli yang terbuat dari 100% buah tanpa gula atau pewarna atau perisa buatan.

3. Smoothies

Smoothies bisa dengan cepat menjadi makanan lengkap yang memberikan protein, lemak sehat, karbohidrat kaya nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan bagi orang yang sedang tidak enak badan.

Karena smoothies berbentuk cairan, maka makanan ini terasa enak di tenggorokan. Anda bisa mencampurkan bayam dengan susu, bubuk protein, buah berry atau pisang, dan alpukat untuk camilan atau makanan penuh gizi.

4. Yogurt

Yogurt memberikan rasa enak di tenggorokan seperti smoothies. Produk turunan susu ini lembut dan memberikan sensasi dingin di tenggorokan. Probiotik di dalam yogurt akan membantu sistem kekebalan tubuh dan pemulihan. Kalau berbasis tanaman bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi yogurt berbasis susu hewani.

5. Jelly

Jelly yang terbuat dari tanaman seperti agar-agar memberikan rasa melegakan karena sensasi dingin dan teksturnya yang lembut. Makanan ini juga mudah ditelan ketika sedang radang tenggorokan. Jelly juga bisa terbuat dari kolagen hewani.

6. Teh

Teh hangat bisa memberikan rasa lega bagi radang tenggorokan. Teh hijau dan teh lain yang mengandung mint, jahe, kunyit, dan kamomil bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Tapi, teh apa pun sebenarnya punya efek yang melegakan ini. Tinggal tambahkan madu, teh akan terasa lebih enak dan menambahkan kandungan antibakteri alamiah.

7. Sayur yang dimasak

Sayur yang dimasak tepat disantap saat sedang mengalami radang tenggorokan karena nutrisi dan sensasinya yang membuat nyaman. Kentang tumbuh, ubi rebus, atau labu rebus cocok dijadikan makanan ketika sedang mengalami radang tenggorokan karena teksturnya yang lembut dan mudah ditelan.

8. Buah

Buah lembut seperti pisang, melon masak, dan pir cocok dimakan saat radang tenggorokan. Selain karena kaya nutrisi dan vitamin, buah-buahan ini juga mudah ditelan.

9. Telur

Telur orak arik atau rebus adalah makanan yang sempurna dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Makanan ini mudah dan cepat dibuat. Selain itu, telur juga mudah ditelan. Telur rebus juga bisa dimasak setengah matang bila suka.

10. Makanan Lunak

Makanan lunak seperti kentang tumbuk, oatmeal, bubur, dan pasta adalah pilihan baik ketika sedang radang tenggorokan. Makanan-makanan ini punya peran ganda dengan membuat kenyang lebih lama dan meredakan rasa sakit di tenggorokan saat menelan makanan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jenis #makanan #yang #cocok #disantap #untuk #meredakan #radang #tenggorokan #dijamin #menghangatkan #melegakan

KOMENTAR