Manfaat Buah Kersen dan Cara Mengolahnya, Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah Kersen Mempunyai Manfaat untuk Kesehatan. (Diskes Kabupaten Bandung)
10:35
3 Oktober 2024

Manfaat Buah Kersen dan Cara Mengolahnya, Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

- Pernah mendengar buah kersen? Buah kecil yang menyimpan segudang manfaat bahkan dapat diolah menjadi berbagai aneka produk yang melezatkan. Bentuknya yang bulat kemerahan atau berwarna jingga ini juga akrab disebut sebagai ceri, talok, seri, kerukup siam, atau kersem.

Kersen sendiri awal mula penemuannya berasal dari Karibia, Peru, dan Bolivia yang tumbuh subur di Indonesia hasil dari bawaan zaman kolonial Belanda atau dari negara Filipina pada abad ke-19. Kini tanamannya yang tumbuh subur di Indonesia tersebut begitu tumbuh liar dimana saja sehingga banyak di petik oleh anak-anak.

Namun, saat berjumpa dengan si kecil manis ini jangan lupa untuk mengambil beberapa bagiannya karena dapat menjadi berbagai olahan bahkan sebagai ramuan tradisional.

Manfaat Buah Kersen

Dilansir dalam repository.ipb.ac.id dalam penelitian "Dodol Kersen (Muntingia calabura) dengan Kandungan Vitamin C Tinggi sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh". Selain kandungan vitamin C, buah ini juga mengandung fosfor, kalsium, serat, zat besi, karoten, tianin, dan lainnya yang baik untuk perkembangan tubuh.

Sedangkan bagian daunnya dapat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah, meredakan batuk, mengobati sakit kepala, merurunkan resiko kolestrol, hingga tekanan darah tinggi.

Olahan Buah Kersen

1. Sirup Kersen

Dilansir dari pindah.jatengprov.go.id buah manis satu ini disulap menjadi olahan sirup yang bercita rasa manis dan menyegarkan. Terbuat dari buah kersen, vanili, kayu manis, dan gula pasir yang dimasak dalam waktu yang lama agar menghasilkan cairan kental layaknya sirup minuman.

2. Dodol Kersen

Kreasi unik ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dalam peneliriannya berjudul "Dodol Kersen (Muntingia calabura) dengan Kandungan Vitamin C Tinggi sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh". Ujarnya dalam karya ilmiah tersebut bahwa kersen menjadi buah tambahan dalam Dodol yang menambahkan cita rasa manis.

3. Selai Kersen

Olahan buah kersen selanjutnya dapat berupa selai yang cocok menjadi pendamping roti. Bahannya cukup mudah yaitu hanya berupa kersen dan gula pasir yang dimasak lama sehingga membentuk selai kental yang siap dihidangkan.

4. Permen Kersen

Laman muntingiacalabura17 memperlihatkan cara mengolah buah satu ini menjadi permen kunyah yang manis dan bertekstur lebut. Bahan-bahannya adalah buah kersen, agar-agar, tepung kedelai, dan gula pasir yang dimasak lalu dijemur hingga kering membentuk permen agar.

5. Kismis Kersen

Masih dalam laman muntingiacalabura17, olahan buah satu ini dapat dijadikan kismis yang manis dan sedikit kenyal. Caranya bagi dua buah lalu jemur atau keringkan dengan oven hingga mengering layaknya kismis.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #buah #kersen #cara #mengolahnya #bantu #meningkatkan #daya #tahan #tubuh

KOMENTAR