Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya yang Tepat Agar Tidak Menimbulkan Efek yang Berbahaya
Ilustrasi Lidah Buaya, tanaman pengatur kadar gula darah. (Racool_studio/Freepik)
09:26
22 September 2024

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya yang Tepat Agar Tidak Menimbulkan Efek yang Berbahaya

 

Lidah buaya merupakan tanaman yang terkenal dengan segudang manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan.

Lidah buaya terdiri dari tiga bagian yaitu kulit, gel dan latex. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan terutama bagian gel dan latex.

Lidah buaya terasa pahit karena adanya latex, bagian ini merupakan bentuk mekanisme pertahanan alami agar terhindar dari serangan hewan dan manusia.

Aloe vera nama lain dari lidah buaya mempunyai kandungan air yang tinggi dan nutrisi seperti minyak esensial, asam amino, vitamin, enzim, glikoprotein dan mineral.

Simak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman lidah buaya untuk kesehatan, dikutip dari kanal YouTube dr.Emasuperr berikut.

  1. Kesehatan Kulit

Lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan kulit karena tanaman ini dapat menenangkan ruam dan iritasi yang terjadi pada kulit sensitif.

Kulit sensitif seperti mudah merah, psoriasis, eksim dan dermatitis dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya dapat membantu meregenerasi kulit yang kemerahan akibat terbakar sinar matahari, terkena panasnya kompor atau luka bakar karena knalpot kendaraan.

Tanaman ini memiliki sifat anti radang, melembabkan dan mendinginkan sehingga sangat bagus digunakan untuk kulit yang sensitif.

  1. Kesehatan Rambut

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang dapat mengatasi ketombe dan membersihkan kulit kepala.

Rasa gatal akibat kulit kepala yang kering dan penuh dengan ketombe dapat dihentikan dengan menggunakan lidah buaya. Namun perlu diperhatikan cara pengolahan dan pengaplikasian lidah buaya agar tidak timbul iritasi pada kulit.

  1. Mengobati Sembelit

Antroquinon dalam latex lidah buaya dapat meningkatkan kadar air pada usus, merangsang sekresi lendir dan meningkatkan gerakan usus.

Latex mempunyai warna agak kekuningan dan berada diantara kulit dan gel, bagian ini dapat dimanfaatkan sebagai pencahar alami.

Latex sebaiknya hanya dikonsumsi maksimal satu gram per hari karena dapat menyebabkan sakit perut, kram, diare, masalah ginjal, kalium rendah, kelemahan pada otot, penurunan berat badan dan resiko detak jantung.

  1. Mencegah Penuaan

Sering terpapar dengan radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan atau cuaca yang panas dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

Namun jangan khawatir penuaan dini dapat dicegah dengan lidah buaya karena  mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

  1. Mengobati Diabetes

Telah terbukti bahwa lidah buaya dapat meringankan hiperglikemia kronis atau gula darah tinggi dan gangguan pada profil lemak.

Lidah buaya mampu menstabilkan kadar gula dan menurunkan kadar lemak tubuh apabila dikonsumsi secara rutin selama 6 minggu.

 

Cara Pengolahan Lidah Buaya

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan seperti kesehatan kulit, antioksidan dan diabetes maka konsumsilah gel lidah buaya, rasanya segar dan bisa langsung dikonsumsi.

Gunakan lidah buaya segar yang berukuran agak besar, iris bagian samping kanan dan kiri dengan pisau, kemudian kupas bagian kulitnya. Kupas kulitnya cukup tebal dan jangan tipis, harus benar-benar melewati garis kulit.

Terutama pada bagian bawah karena ada yang berwarna kuning atau latex. Bagian ini sebaiknya dihilangkan karena terasa pahit dan menyebabkan perut mulas.

Setelah lidah buaya dikupas lakukan pencucian dengan digosok-gosok bagian luar gel untuk memastikan bersih dari latex.

Air cucian lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai masker rambut setelah keramas. Oleskan pada kulit kepala agar ketombe hilang.

Dapat juga dioleskan pada area wajah atau kulit yang terluka, karena lidah buaya membantu mengatasi peradangan dan menyehatkan kulit.

 

Perlu diperhatikan bahwa lidah buaya tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran dan cacat lahir.

Anak-anak dibawah 12 tahun juga tidak diperbolehkan mengonsumsi lidah buaya karena saluran pencernaannya belum begitu kuat sehingga dapat menyebabkan sakit perut, kram dan diare.

Penderita gangguan ginjal, wasir dan mengonsumsi obat-obatan yang berhubungan dengan jantung sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya secara rutin.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #lidah #buaya #untuk #kesehatan #cara #mengolahnya #yang #tepat #agar #tidak #menimbulkan #efek #yang #berbahaya

KOMENTAR