5 Manfaat Konsumsi Jus Tomat Setiap Hari untuk Tubuh, Cocok untuk Diet
Jus tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Freepik/azerbaijan_stockers)
20:20
19 September 2024

5 Manfaat Konsumsi Jus Tomat Setiap Hari untuk Tubuh, Cocok untuk Diet

– Buah tomat sering digunakan sebagai campuran untuk membuat sambal, lalapan, penyedap masakan, atau dijus. Namun, perlu diketahui bahwa buat tomat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, buah tomat juga mempunyai manfaat untuk kamu yang sedang diet. Berikut ini merupakan lima manfaat konsumsi jus tomat setiap hari untuk tubuh yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat.

1. Tinggi Serat

Manfaat pertama dari konsumsi jus tomat, yaitu terdapat kandungan serat yang tinggi. Di dalam buah tomat mengandung 2 gram kandungan serat tak larut dan 0,20 gram serat larut.

Kandungan serat tak larut tersebut diketahui memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan. Buah tomat juga dapat memperlambat penyerapan makanan dan rasa kenyang menjadi meningkat.

Sementara itu kandungan serat tak larut dapat mengikat molekul lemak dan mencegah penyerapannya oleh tubuh.

2. Mengecilkan Ukuran Pinggang

Selanjutnya, yaitu dapat mengecilkan ukuran pinggang. Tak hanya itu saja, buah tomat juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, dan depresi.

Untuk itu, kamu dapat mengkonsumsi minuman jus tomat setiap harinya agar dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Menghindari Kolesterol Jahat

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi minuman jus tomat, yaitu dapat menghindari kolesterol yang jahat karena mengandung serat yang tinggi.

Buah tomat diketahui bisa membantu kamu untuk mengatasi kolesterol jahat yang dapat memicu berbagai penyakit. Hal ini karena buah tomat dapat mengontrol jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Mengurangi Kadar Lemak

Buah tomat mengandung banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin dan zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Sehingga dapat menyeimbangkan kadar lemak di dalam tubuh serta dapat menjadikan tubuh kamu tidak gemuk.

Selain itu, tomat juga mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, potasium, serat, dan air. Hal inilah yang membuat jus tomat menjadi salah satu minuman alami yang kaya nutrisi bagi semua orang.

Terdapat juga kandungan sodium, lemak jenuh, dan kolesterol di dalam tomat yang rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Tak hanya itu saja, jus tomat juga memiliki kalori yang rendah, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang telah menurunkan berat badan dengan konsumsi minuman jus tomat bisa menjadi tambahan menu baru untuk diet. Dengan meminum jus tomat secara teratur, maka dapat mempermudah kamu untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, jus tomat juga membuat kamu kenyang lebih lama karena mengandung nutrisi yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #konsumsi #tomat #setiap #hari #untuk #tubuh #cocok #untuk #diet

KOMENTAR