Jaga Kesehatan Mata Anak dari Dampak Negatif Screen Time dengan Madu Herbal
ATUR SCREEN TIME: Dalam periode usia sampai 18 tahun, kemampuan akomodasi mata masih amat besar sehingga anak-anak kuat berlama-lama melihat gawai. (Dite Surendra/Jawa Pos)
21:51
11 September 2024

Jaga Kesehatan Mata Anak dari Dampak Negatif Screen Time dengan Madu Herbal

- Anak-anak semakin terjerat dengan telepon pintar atau gawai. Hampir setiap anak-anak terpapar dengan melihat gawai dengan beragam aktivitasnya. Mulai dari main game, nonton video pendek, dan sebagainya.

Bahkan menurut sebuah studi menyatakan setiap anak rata-rata terpapar screen time mencapai 12 jam. Durasi sepanjang itu sangat mengkhawatirkan terhadap kesehatan mata anak. Data dari Asosiasi Oftalmologi Anak Indonesia, sekitar 60 persen anak-anak mengalami gejala ketegangan mata akibat penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan.

Dokter herbal, dr. Muthoharrah menegaskan, paparan radiasi dari perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone dapat berdampak negatif pada kesehatan mata anak-anak, jika tidak dikelola dengan tepat. Di antaranya bisa menyebabkan mata lelah, mata kering, dan gangguan penglihatan. Semua itu dapat memengaruhi kualitas hidup anak-anak.

Oleh karena itu, pengelolaan waktu layar yang bijak sangat penting untuk menjaga kesehatan mata mereka. Untuk itu, orang tua perlu mengurangi waktu penggunaan layar. "Langkah lainnya, untuk menunjang kesehatan mata anak-anak, orang tua perlu memanfaatkan produk yang mampu melindungi mata dari radiasi," ujar Muthoharrah kepada JawaPos.com pada Rabu (11/9).

Untuk mengatasi masalah mata itu, Muthoharrah merekomendasikan beberapa langkah pencegahan. Pertama, batasi waktu anak-anak di depan layar dengan mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, minta mereka untuk melihat objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

Kedua, pastikan pencahayaan ruangan cukup baik dan tidak ada refleksi berlebihan pada layar. Ketiga, dorong anak-anak untuk melakukan istirahat mata secara teratur dan melakukan latihan mata, seperti memutar mata atau fokus pada objek dekat dan jauh. "Langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi dampak radiasi layar dan mendukung kesehatan mata anak-anak dalam era digital saat ini," sambungnya.

Obat herbal Fresh Vision yang mengandung madu untuk kesehatan mata. (Istimewa)

Selain menjaga asupan nutrisi yang tepat juga penting untuk kesehatan mata, Muthoharrah menekankan pentingnya memberikan makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan omega-3 kepada anak-anak. Semua itu dapat membantu menjaga fungsi mata yang optimal. Yaitu, dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, wortel, dan ikan berlemak seperti salmon sangat dianjurkan.

Muthoharrah juga menyarankan produk herbal yang mengandung bahan-bahan alami seperti blueberry dan wortel sebagai dukungan tambahan dalam menjaga kesehatan mata anak-anak. Dengan kombinasi langkah-langkah pencegahan dan nutrisi yang tepat, orang tua dapat membantu melindungi penglihatan anak-anak mereka dari dampak negatif penggunaan layar yang berlebihan.

Sebagai pelengkap, ada produk herbal dari Fresh Vision yang dirancang khusus untuk melindungi dan memperbaiki fungsi mata di era digital saat ini. Fresh Vision mengandalkan bahan-bahan alami seperti madu hutan, ekstrak blueberry dan ekstrak wortel.

Ekstrak blueberry yang kaya antioksidan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke retina dan melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif akibat radiasi layar. Sedangkan ekstrak worterl mengandung beta karoten dan lutein yang dapat mencegah kerusakan mata karena radikal bebas.

Dengan integrasi Fresh Vision dalam rutinitas harian, produk ini dapat mengurangi dampak negatif dari paparan radiasi layar dan secara keseluruhan mendukung kesehatan mata yang optimal.

VP Brand Strategy Fresh Vision PT Herbathos Untuk Indonesia Damayanti menyatakan, Fresh Vision adalah bagian dari komitmen Herbathos untuk menyediakan solusi kesehatan yang alami dan efektif dalam menghadapi tantangan kesehatan di era digital. Fresh Vision dirancang untuk mengatasi masalah kesehatan mata dengan menggabungkan bahan herbal berkualitas tinggi yang telah terbukti secara ilmiah.

"Kami percaya bahwa dengan memanfaatkan kekuatan bahan-bahan alami seperti madu hutan, ekstrak blueberry, dan wortel, dapat memberikan perlindungan yang efektif terhadap dampak radiasi layar dan membantu memperbaiki kesehatan mata secara keseluruhan,” ujar Damayanti.

Dikatakannya lagi, Fresh Vision menawarkan pendekatan yang holistik dan berbasis pada prinsip-prinsip kesehatan alami. Produk itu tidak hanya berusaha memenuhi kebutuhan kesehatan mata di tengah lingkungan digital yang semakin kompleks, tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jaga #kesehatan #mata #anak #dari #dampak #negatif #screen #time #dengan #madu #herbal

KOMENTAR