Nusantara Airport di IKN Siap Sambut Tamu-Tamu Negara Peringati HUT ke-79 RI
Pembangunan Bandara IKN, Nusantara Airport [Kemenhub].
16:31
2 Juli 2024

Nusantara Airport di IKN Siap Sambut Tamu-Tamu Negara Peringati HUT ke-79 RI

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memasang target Bandara Nusantara Airport bisa digunakan untuk menerima tamu-tamu Very Important Person (VIP) dan negara dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus yang menjadi leading sector-nya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Kami ditugaskan secara khusus untuk persiapan bandara IKN yang sekarang namanya sudah ditetapkan menjadi Nusantara Airport," jelas Menteri Perhubungan pada saat berada di Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/6/2024).

Dikutip dari kantor berita Antara, saat itu Menteri Perhubungan menyatakan bahwa tugas Kementerian Perhubungan adalah menyelesaikan Nusantara Airport sebulan lagi.

Sehingga para tamu VIP dan negara yang datang ke IKN menggunakan pesawat bisa langsung mendarat di bandara itu. Di mana waktu tempuh dari Nusantara Airport ke Kawasan Inti Pusat atau KIPP IKN kira-kira 20 menit.

Baca Juga: Seluruh Jalan Tol Trans Jawa Kini Dikelola oleh Salim Grup

"Kami akan menggunakan bandara ini, Bapak Presiden RI sudah menyampaikan pula. Selain menteri, akan mengundang seluruh duta besar negara-negara sahabat yang akan terbang dari Jakarta ke IKN," lanjut Budi Karya Sumadi.

Kekinian, bandar udara atau bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) sudah mencapai 50 persen. Sigit Hani Hadiyanto, Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub menyampaikan progres pengerjaan bandara itu.

"Progres pengerjaan bandara VVIP IKN kalau kami tidak salah sudah mencapai sekitar 40-50 persen," demikian jelas Sigit Hani Hadiyanto, saat berada di Indonesia AERO Summit 2024 di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Ditambahkannya Nusantara Airport bakal digunakan sebelum upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Ini masih terus berprogres, Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) bahkan dalam setiap kesempatan selalu berkunjung ke sana. Jadi, memang kami terus upayakan sesuai dengan target bisa fungsional pada 1 Agustus untuk kegiatan paling dekat 17 Agustus," tandas Sigit Hani Hadiyanto.

Baca Juga: Rp 1,8 T Pinjaman Bank Dunia Siap Dialokasikan Menteri Perhubungan untuk Infrastruktur Transportasi Dua Kota

Sebagai catatan, Nusantara Airport belum direncanakan untuk melayani penerbangan komersial. Rencananya akan digunakan bagi kebutuhan penerbangan tamu-tamu negara dan melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

Juga belum memiliki kode yang umumnya diberikan kepada bandara-bandara komersial.

"Bandara khususnya disiapkan untuk melayani kegiatan VVIP di IKN. Saat ini statusnya adalah bandara VVIP," tukasnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #nusantara #airport #siap #sambut #tamu #tamu #negara #peringati

KOMENTAR