Hoaks BRI Tawarkan Pinjaman Lewat WhatsApp, Ada Potongan Rp20 Ribu per Rp1 Juta
BRI
17:15
27 Juni 2024

Hoaks BRI Tawarkan Pinjaman Lewat WhatsApp, Ada Potongan Rp20 Ribu per Rp1 Juta

Baru-baru ini, beredar unggahan di media sosial terkait tawaran pinjaman bagi nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) hanya dengan menghubungi nomor WhatsApp. Tawaran tersebut menyebutkan pinjaman dari Rp5 juta hingga Rp15 juta dengan cicilan bulanan antara Rp100 ribu hingga Rp300 ribu.

Unggahan tersebut di akun Facebook bernama Elsa Safira menyatakan, "Dibuka hari ini pinjaman nasabah BRI, bisa kak, biaya admin dipotong saat pencairan Rp20rb per 1 jutanya. Gimana minat? Hubungi nomor saya WA 088184xx039."

Merespons kabar tersebut, Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar alias hoaks. Berdasarkan informasi dari situs Kominfo, BRI tidak memiliki nomor ponsel untuk pendaftaran pinjaman dan tidak memiliki program pinjaman seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Hendy juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan BRI. Baik melalui tautan, situs, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia menegaskan agar tidak memberikan data pribadi serta data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, dan OTP (One Time Password).

Baca Juga: Perbandingan Laba Bank BRI Q1 2023 vs Q1 2024

Imbauan BRI kepada Nasabah

BRI mengimbau kepada seluruh nasabah untuk tetap waspada dan selalu mengecek kebenaran informasi yang diterima. Berikut adalah daftar akun resmi milik BRI yang dapat dijadikan acuan:

Website: www.bri.co.id
Instagram: @bankbri_id
Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, @promo_BRI
Facebook: Bank BRI
YouTube: Bank BRI
TikTok: @bankbri_id

BRI terus berkomitmen untuk melindungi nasabahnya dari berbagai bentuk penipuan yang beredar. Nasabah diharapkan untuk selalu melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima dan melaporkan ke pihak berwenang jika menemukan aktivitas mencurigakan.

Baca Juga: Bank BRI Minta Nasabah Tingkatkan Kewaspadaan pada Bahaya Penipuan Online

Editor: M Nurhadi

Tag:  #hoaks #tawarkan #pinjaman #lewat #whatsapp #potongan #rp20 #ribu #juta

KOMENTAR