Ditengah Desas-desus Siap Mundur, Sri Mulyani Justru Asik Bertemu Menkeu Arab Saudi di Swiss
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan kunjungan kerjanya ke Swiss dalam rangka kegiatan World Economic Forum (WEF) Annual Meeting 2024. Kunkernya ini ia lakukan ditengah desas-desus soal dirinya siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju Jilid II pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
11:42
18 Januari 2024

Ditengah Desas-desus Siap Mundur, Sri Mulyani Justru Asik Bertemu Menkeu Arab Saudi di Swiss

Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan kunjungan kerjanya ke Swiss dalam rangka kegiatan World Economic Forum (WEF) Annual Meeting 2024.

Kunkernya ini ia lakukan ditengah desas-desus soal dirinya siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju Jilid II pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sri Mulyani pun tampak asik mengadakan bilateral meeting dengan Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan di sela-sela agenda tersebut.

“Siang ini, sebelum menghadiri pertemuan WEF, saya bertemu dengan Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan. Setelah sebelumnya, saya tak sempat bertemu pada saat kunjungan kerja ke Arab Saudi akhir tahun lalu dalam rangka agenda pertemuan bersama IsDB,” ungkap Menkeu dalam unggahan akun instagram resmi miliknya, @smindrawati dikutip Kamis (18/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Menkeu menceritakan banyak hal mengenai saat kunjungan kerjanya terakhir kali ke Arab Saudi. Ia juga menyampaikan, peranan Indonesia yang telah secara resmi menjadi pemegang saham terbesar ketiga dari Islamic Development Bank (IsDB).

”Indonesia senang bisa turut mendukung berbagai Multilateral Development Bank, dan sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia juga ingin berpartisipasi aktif dalam membangun dan mendukung reformasi IsDB,” ungkapnya.

Menkeu percaya bahwa Indonesia memiliki semangat untuk lebih kuat dalam berpartisipasi membangun IsDB.

“Saya optimis banyak profesional muda dari Indonesia yang dapat berpartisipasi dalam membangun IsDB agar semakin baik ke depannya,” harapnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani Indrawati dibujuk untuk mundur atau meninggalkan posisinya saat ini sebagai Menteri Keuangan Jokowi.

Pengamat politik Faisal Basri [YouTube]Pengamat politik Faisal Basri [YouTube]

Bujukan itu datang dari ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah diskusi baru-baru ini. Faisal dengan yakin Sri Mulyani adalah menteri yang paling siap untuk mundur.

Ajakan mundur ini imbas dukungan Jokowi terhadap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam konstetasi Pemilu 2024.

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta.

"Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera insyaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto)," sambungnya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #ditengah #desas #desus #siap #mundur #mulyani #justru #asik #bertemu #menkeu #arab #saudi #swiss

KOMENTAR