Penemuan Sumber Daya Gas Raksasa Jadi Momentum Kebangkitan Indonesia di Industri Energi
Direktur IPA Greg Holman (kiri). (IPA untuk JawaPos.com)
23:54
7 Mei 2024

Penemuan Sumber Daya Gas Raksasa Jadi Momentum Kebangkitan Indonesia di Industri Energi

- Indonesia saat ini tengah berada dalam momentum kebangkitan di industri energi. Pasalnya, sejumlah sumber daya gas raksasa ditemukan pada akhir tahun lalu.

Direktur Indonesian Petroleum Association (IPA) Greg Holman mengatakan, penempuan sumber daya gas baru itu memicu harapan atas peningkatan produksi migas dan ketahanan energi Indonesia. "Indonesia akan menjadi tujuan investasi global," ungkap Greg Holman di Jakarta pada Selasa (7/5).

Dalam kesempatan itu Greg Holman mengungkapkan agenda dari IPA yang akan menggelar konvensi dan pameran IPA Convex ke-48 2024 di ICE BSD City, Tangerang, pada 14-16 Mei 2024. Konvensi dan pameran bertema “Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy Security in Indonesia and the Region”.

Dia mengatakan, tema Convex tahun ini menggambarkan peran penting industri hulu migas di Indonesia dalam memastikan ketersediaan energi atau energy security di era transisi energi. Hal itu menjadi potensi Indonesia terhadap negara lain di kawasan regional.

Soal penempuan sumber daya gas baru akhir tahun lalu, menurut dia, harus dimanfaatkan untuk kembali menarik investasi migas ke Indonesia. Terlebih, Pemerintah juga kian agresif mendukung pengembangan proyek CCS/CCUS di Indonesia dengan mengeluarkan regulasi terkait CCS/CCUS.

“Dukungan pemerintah di CCS/CCUS di Indonesia membuka peluang bisnis baru di bidang CCS/CCUS dan menjadikan Indonesia sebagai CCS Hub di Asia,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia IPA Convex 2024 Krishna Ismaputra mengatakan, seluruh pemangku kepentingan sektor migas dan praktisi industri hadir dalam IPA Convex 2024. Mereka berdiskusi lintas isu.

Konvensi itu diharapkan menghasilkan masukan bagi pemerintah dalam memaksimalkan sektor migas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mencapai trilema energi sekaligus memenuhi target pengurangan emisi karbon. Nantinya IPA Convex akan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #penemuan #sumber #daya #raksasa #jadi #momentum #kebangkitan #indonesia #industri #energi

KOMENTAR