Jokowi Sebut Nilai KUR Rp 46 Triliun untuk UMKM Bisa Bangun 40 Waduk
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya kemandirian pangan di tengah krisis pangan yang sedang melanda dunia. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
14:52
7 Maret 2024

Jokowi Sebut Nilai KUR Rp 46 Triliun untuk UMKM Bisa Bangun 40 Waduk

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah ikut serta membantu para UMKM mendapat pembiayaan kredit. Salah satunya, dengan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Setidaknya, bilang Jokowi, pemerintah mengucurkan dana puluhan triliun untuk mensubsidi bunga KUR agar lebih rendah di UMKM.

"Pemerintah juga ikut, jangan keliru, untuk KUR, untuk KUR, itu subsidi pemerintah tahun ini Rp46 triliun agar bunganya bisa turun di angka 3% untuk usaha mikro, dan usaha kecil 6%," ujarnya dalam BRI Microfinance Outlook yang disiarkan Youtube CNBC, Kamis (7/3/2024).

Mantan Walikota Solo itu mengungkapkan, angka itu dinilainya sangat besar. Bahkan, nilii Rp 46 triliun itu bisa buat membangun infrastruktur puluhan waduk.

"Jangan dipikir itu juga langkah kecil Rp46 triliun itu angka gede, itu kalau dibuat waduk jadi 40 waduk," ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi merasa gembira dengan kehadiran digital banking. Menurut dia, digital banking sangat membantu masyarakat khususnya di daerah-daerah untuk mendapatkan akses perbankan.

Jokowi menjelaskan, selama ini negara melalui BRI telah memberikan akses perbankan dengan Agen BRILink. Agen ini berfungsi untuk memberikan layanan perbankan yang sebelumnya belum terjangkau oleh masyarakat di daerah.

Bahkan, masyarakat di daerah menggunakan jasa rentenir untuk mengajukan pinjaman.

"Dan saya senang tadi yang disampaikan Pak Dirut BRI Bahwa digital banking sampai ke bawah itu betul betul berjalan di BRI. Bapak ibu bayangkan mengelola 740.000 warung BRILink, agen BRILink. Bukan sesuatu yang mudah dengan transaksi setiap tahun," ujarnya dalam BRI Microfinance Outlook yang disiarkan di Youtube CNBC, Kamis (7/3/2024).

"Pak Dirut sampaikan Rp 1.400 triliun, mengurusi urusan yang kecil kecil yang sebelumnya diurusi oleh rentenir-rentenir dan diurus oleh bank retail di mana-mana, sekarang diambil alih oleh BRI ini juga yang harus kita apresiasi," sambung dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #jokowi #sebut #nilai #triliun #untuk #umkm #bisa #bangun #waduk

KOMENTAR