Prabowo Subianto Dilantik jadi Presiden dan Menteri Kabinet Merah Putih Diumumkan, IHSG Langsung Hijau
Ilustrasi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka di zona hijau. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
11:00
21 Oktober 2024

Prabowo Subianto Dilantik jadi Presiden dan Menteri Kabinet Merah Putih Diumumkan, IHSG Langsung Hijau

- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka di zona hijau pada awal sesi perdagangan, pada Senin (21/10) pagi. Dikutip dari RTI, IHSG dibuka pada posisi 7.760,19 atau naik 20,56 poin atau 0,27 persen. Bahkan sempat mencapai posisi tinggi 7.795 dan posisi terendah 7.741.

Kemudian volume transaksi tercatat 7,7 miliar dengan turnover Rp 2,79 triliun. Frekuensi transaksi tercatat 374.546 kali. Ada 201 saham yang menguat dan 246 saham yang melemah serta 189 saham stagnan.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi telah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Hal itu setelah Prabowo dan Gibran membacakan sumpah jabatan di hadapan Pimpinan MPR dan para wakil rakyat yang hadir di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).



Sidang dipimpin oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan dimulai pukul 10.07 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta.

Dalam acara itu, sebanyak 709 anggota MPR RI hadir langsung di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta untuk menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut.

Selain anggotan MPR, Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Usai pelantikan, pada malam harinya, Minggu (20/10), Prabowo menggelar gala dinner bersama negara para kepala negara atau perwakilannya di Istana Negara. Setelahnya, ia langsung mengumumkan nama-nama jajaran menteri dan wakil menteri dalam Kabinet Merah Putih.

Ada sebanyak 48 menteri dan 56 wakil menteri yang ditunjuk oleh Prabowo untuk ikut membantu dalam kabinetnya. Di mana 5 lainnya ditunjuk sebagai kepala lembaga mulai dari Sekretaris Kabinet hingga Jaksa Agung.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #prabowo #subianto #dilantik #jadi #presiden #menteri #kabinet #merah #putih #diumumkan #ihsg #langsung #hijau

KOMENTAR