Realisasikan Pengadaan Barang dan Jasa Produk Dalam Negeri Tertinggi Nasional, BKKBN Raih Penghargaan dari LKPP
BKKBN mendapat penghargaan dari LKPP berkat tingginya pengadaan barang dan jasa dalam negeri. (dok. BKKBN)
00:00
11 Oktober 2024

Realisasikan Pengadaan Barang dan Jasa Produk Dalam Negeri Tertinggi Nasional, BKKBN Raih Penghargaan dari LKPP

— Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meraih penghargaan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Proaktif dengan capaian Produk Dalam Negeri (PDN) Tertinggi Kategori Lembaga Tahun 2024. Unit Kerja PBJ yang telah mencapai minimal Level 3 Proaktif dikatakan sudah memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan melalui kolaborasi internal maupun eksternal.

"Presiden menyampaikan lima fokus kerja PBJ pemerintah. Pertama, meningkatkan kebutuhan produk dalam negeri dan meningkatkan porsi pelaku usaha mikro kecil dan koperasi. Selain itu, fokus kerja pengadaan juga mewujudkan proses pengadaan yang transparan, bersih dan bebas dari KKN," papar Plh. Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Iwan Herniwan saat memberikan keynote speech, dikutip Kamis (10/10).

Iwan Herniwan yang menyerahkan penghargaan secara langsung kepada BKKPN ini menuturkan, fokus tersebut telah memberikan dampak besar bagi perekonomian masyarakat seperti penyerapan tenaga kerja lebih dari dua juta tenaga kerja dan berimplikasi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,5-1,8 persen.

"Di tahun 2024, PDN untuk Unit Kerja PBJ yang Proaktif telah mencapai 87,01 persen atau senilai Rp 400,36 triliun. Untuk capaian usaha mikro kecil dan koperasi Unit Kerja PBJ Proaktif telah mencapai 83 persen atau Rp 217,58 triliun," tambahnya.

Unit Kerja PBJ yang mencapai Level 3 Proaktif sebanyak 254 unit secara nasional yang terdiri dari 33 Kementerian/Lembaga, 32 pemerintah provinsi, dan 199 pemerintah kabupaten/kota perlu didorong menjadi pusat keunggulan pengelolaan barang dan jasa (PKPBJ). Salah satunya dengan keterisian dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pengelola barang dan jasa pemerintah.

Plt. Kepala Biro Umum dan Humas BKKBN, Sunarto mewakili BKKBN menerima penghargaan dari LKPP ini. Ditemui usai acara, dia berharap SDM Unit Keja PBJ BKKBN terus ditingkatkan kapabilitasnya. 

"Selamat dan sukses selalu kepada Unit Kerja PBJ BKKBN bersama jajaran yang telah mempersiapkan pelaksanaan barang dan jasa, sehingga mendapatkan apresiasi selaku Unit Kerja PBJ Proaktif dengan PDN tertinggi tingkat lembaga," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Rumah Tangga dan Protokol Muhammad Arfan juga menuturkan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras pengelola Unit Kerja PBJ dan para pengelola satker di BKKBN. "Yang pasti cukup bangga kerja keras seluruh rekan-rekan baik pengelola Unit Kerja PBJ maupun pengelola Satker (Satuan Kerja) yang berupaya agar pencapaian catatan di LPSE yang akhirnya PDN tercatat dan terpenuhi di BKKBN jadi yang terbaik di lembaga BKKBN," ujarnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #realisasikan #pengadaan #barang #jasa #produk #dalam #negeri #tertinggi #nasional #bkkbn #raih #penghargaan #dari #lkpp

KOMENTAR