Dasbor Nasional Besutan Kemenko Perekonomian dan Kementani bersama PT Surveyor Indonesia Fasilitasi Pengiriman Pertama Ekspor Produk Kelapa Sawit
ekspor Hydrogenated Palm Oil (HRPO) dari buah sawit melalui proses yang disetujui dan difasilitasi dalam rangkaian piloting Dasbor Nasional Indonesia. (Istimewa)
16:00
7 Oktober 2024

Dasbor Nasional Besutan Kemenko Perekonomian dan Kementani bersama PT Surveyor Indonesia Fasilitasi Pengiriman Pertama Ekspor Produk Kelapa Sawit

–PT Wilmar Nabati Indonesia melakukan ekspor Hydrogenated Palm Oil (HRPO) yang diproses dari buah sawit. Ekspor itu merupakan pengiriman pertama melalui proses yang disetujui dan difasilitasi dalam rangkaian piloting Dasbor Nasional Indonesia. Yakni inisiatif Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Kementerian Pertanian dan dioperasikan PT Surveyor Indonesia.

Dasbor Nasional merupakan jawaban Indonesia sebagai negara penghasil kelapa sawit besar untuk memvalidasi rantai pasok, legalitas, dan ketelusuran, komoditas ekspor dari Indonesia. Pengiriman PT Wilmar Nabati Indonesia telah mematuhi dengan peraturan pemerintah melalui Dasbor Nasional dan persyaratan legalitas dan ketelusuran dari European Union Deforestation Regulation (EUDR).

Dasbor Nasional, yang dikonseptualisasi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan dioperasikan PT Surveyor Indonesia di bawah koordinasi Sekretariat Dasbor Nasional Kementerian Pertanian merupakan upaya multi pihak untuk mengelola komunikasi persyaratan EUDR antara Indonesia dan competent authority di Uni Eropa dan persyaratan pasar global lainnya. Utamanya untuk perbaikan tata kelola data perkebunan nasional.

”Ekspor yang dilakukan Wilmar di bawah skema Dasbor Nasional ini merupakan contoh yang baik dalam implementasi Dasbor Nasional untuk ekspor ke Eropa. Pemerintah akan ikut mengawal dan menjamin produk dari Indonesia diterima Uni Eropa sebagai bagian dari penerapan EUDR untuk produk kelapa sawit nasional,” ujar Direktur Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian Prayudi Samsuri.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna menyampaikan, penunjukan PT Surveyor Indonesia sebagai operator National Dashboard adalah tanggung jawab besar. Pihaknya memiliki kompetensi dan pengalaman.

”Sehingga amanah ini dapat dijalankan dengan persiapan yang matang dan integritas yang tinggi,” ujar Sandry Pasambuna.

Sebagai operator teknis, pihaknya akan memastikan transparansi dan kepatuhan atas regulasi-regulasi internasional. Sehingga, komoditas-komoditas unggulan Indonesia dapat bersaing dengan lebih baik di pasar global.

Penunjukan PT Surveyor Indonesia sebagai operator National Dashboard didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2023, perubahan dari Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2021, serta Undang-Undang No. 59/2004 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #dasbor #nasional #besutan #kemenko #perekonomian #kementani #bersama #surveyor #indonesia #fasilitasi #pengiriman #pertama #ekspor #produk #kelapa #sawit

KOMENTAR