Tom Lembong Minta Gibran Jangan Banggakan Nikel: Sekarang Harganya Anjlok, Kita jadi Rugi Sendiri
Kolase Gibran Rakabuming Raka dan Tom Lembong. [Istimewa]
18:42
23 Januari 2024

Tom Lembong Minta Gibran Jangan Banggakan Nikel: Sekarang Harganya Anjlok, Kita jadi Rugi Sendiri

Co-Captain Timnas Amin, Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong meminta untuk tidak membanggakan komoditas nikel, dia bilang saat ini pasokan nikel berlimpah hingga membuat harganya anjlok.

Pernyataan ini Tom lontarkan usai tudingan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang menilai bahwa pasangan calon nomer urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai paslon yang anti dengan nikel dalam debat keempat Cawapres pada Minggu malam (21/1/2024).

Awalnya Gibran bertanya kepada cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai posisi capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terhadap nikel. Sebab, pasangan nomor urut 1 dan tim suksesnya menggaungkan Lithium Ferro Phosphate atau LFP.

"Jadi yang disampaikan pak Muhaimin betul sekali, kita jadi korban kebijakan kita sendiri. Kita tidak anti hilirisasi. Hilirisasi ada dalam di visi-misi kami juga. Hilirisasi yang disebut pak Muhaimin tadi yang ugal-ugalan berujung pada konyol karena senjata makan tuan," ujar Tom Lembong disitat dari program 'Your Money Your Vote' CNBC Indonesia, Senin (22/1/2024).

Dia mengingatkan jangan sampai pemerintah terlalu gencar menggenjot smelter nikel tapi tidak memikirkan dampak panjang dari kebijakan itu.

"Kita semakin gencarnya menggenjot smelter nikel, kemudian membanjiri dunia dengan suplai nikel sampai harganya anjlok, itu malah berbalik ke kita sendiri, akhirnya malah merugikan kita sendiri," imbuhnya.

Gibran sendiri dalam debat beberapa kali menyinggung nama Tom Lembong dan menuding sebagai paslon yang anti nikel.

"Ini agak aneh ya, yang sering ngomong LFP itu timsesnya (Tom Lembong), tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa, kan aneh. Sering bicara 'LFP, LFP, Lithium Ferro Phosphate, Tesla nggak pakai nikel'. Ini kan kebohongan publik. Mohon maaf, Tesla itu pakai nikel pak," kata Gibran.

Sementara itu harga komoditas Nikel mengalami penurunan yang cukup dalam yakni 0,74% pada kemarin.

Mengutip London Metal Exchange, Senin (22/1/2024) harga komoditas ini berada di level USD 16.036 per ton atau anjlok 0,74%.

Harga nikel sendiri sudah anjlok sekitar 16,7% sepanjang tahun 2023 lalu atau rata-rata berada di USD 21.521 per ton.

Padahal pada 2022 rata-rata harga nikel mampu mencapai USD 25.833,73 per ton, rekor tertingginya dalam lima tahun terakhir.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #lembong #minta #gibran #jangan #banggakan #nikel #sekarang #harganya #anjlok #kita #jadi #rugi #sendiri

KOMENTAR