Luhut: Prabowo Lanjutkan IKN, Gedung DPR dan MPR Siap Digarap
Menko Luhut Binsar Pandjaitan Meninjau Progres Pembangunan IKN/[Dok Humas Kemenkomarves].
20:21
13 September 2024

Luhut: Prabowo Lanjutkan IKN, Gedung DPR dan MPR Siap Digarap

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan nasib pembangunan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada masa Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Menurut dia, pembangunan IKN di masa pemerintahan Prabowo terus berjalan. Bahkan, beberapa gedung telah dipersiapkan untuk digarap.

"Jadi, kalau nanti presiden terpilih Prabowo sudah ingin meneruskan ini, jadi membangun gedung DPR/MPR," ujarnya di IKN, Jumat (13/9/2024).

Selain itu, bilang Luhut, Prabowo juga akan membangun gedung perngadil hukum seperti Mahkamah Agung hingga pihak keamanan TNI/Polri.

Baca Juga: Kenang Faisal Basri, Menko Luhut: Beliau Kritis, Tapi Berjasa Terhadap Perekonomian RI

"Kemudian, nanti ASN asrama pindah semua saya kira sudah semua sudah jadi," ucap dia.

Sebelumnya, Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2025 mengalami penurunan yang signifikan di era Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dikutip dari Buku Nota Keuangan RAPBN 2025, total anggaran untuk keberlanjutan pembangunan IKN tahun depan hanya sebesar Rp 143,1 miliar.

Jumlah ini jauh menyusut dibandingkan anggaran yang dihabiskan pemerintah hingga Juli 2024, yakni Rp 42,5 triliun.

"Ada yang di-carry over dari Kementerian dan Lembaga yang sebelumnya, seperti menyelesaikan bandar Udara, sanitasi, jalan dan digitalisasi," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa.

Baca Juga: Menko Luhut Naik Pitam Bali Dianggap Pulau Mesum oleh Turis Asing

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #luhut #prabowo #lanjutkan #gedung #siap #digarap

KOMENTAR