Aplikasi Transponsumut Permudah Mobilitas Atlet PON XXI Aceh-Sumatera Utara, GBS dan TRON Bekali dengan Teknologi IoT
Aplikasi Transponsumut mampu memberikan informasi yang akurat dan real-time mengenai ketersediaan armada, estimasi waktu kedatangan, serta pelacakan posisi kendaraan. (ist)
16:00
9 September 2024

Aplikasi Transponsumut Permudah Mobilitas Atlet PON XXI Aceh-Sumatera Utara, GBS dan TRON Bekali dengan Teknologi IoT

- Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang akan berlangsung pada 9-20 September 2024 bakal menjadi ajang unjuk gigi para atlet terbaik Tanah Air. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan event olah raga terbesar di Indonesia ini, PT Galaksak Brilliant Solusi (PT GBS) didukung oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN Tbk) menghadirkan solusi teknologi terkini berupa GPS berbasis IoT dengan fitur 2 way communications yang mempermudah komunikasi antara driver dengan operator armada dan Aplikasi Transponsumut yang terintegrasi.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para peserta PON dalam mengakses transportasi selama perhelatan berlangsung. Dengan dilengkapi teknologi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi, perangkat GPS, Fleet Management System, dan Aplikasi Transponsumut mampu memberikan informasi yang akurat dan real-time mengenai ketersediaan armada, estimasi waktu kedatangan, serta pelacakan posisi kendaraan.

Kadishub Provinsi Sumatera Utara sekaligus Ketua Bidang Transportasi PB PON XXI tahun 2024, Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT, MT menyampaikan apresiasi atas dukungan dari TRON dan GBS dalam menyediakan solusi transportasi yang efisien dan modern untuk PON XXI. Dengan adanya aplikasi Transponsumut, para atlet dan ofisial dapat dengan mudah memesan dan melacak kendaraan, sehingga dapat fokus pada persiapan pertandingan.

"Apalagi panitia terkait dapat memantau serta berkomunikasi langsung dengan para pengemudi melalui fitur two way communication dari GPS untuk memastikan efisiensi dan keamanan bermobilisasi," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/9).

Agustinus juga menjelaskan bahwa Pj. Gubernur Sumatera Utara telah turun langsung meninjau Command Center Room Bidang Transportasi di Kantor Dishub Sumut Lantai II. Pj. Gubernur Sumut pun, kata Agustinus telah menggunakan langsung fitur two way communication tersebut dan berinteraksi dengan pengguna layanan transportasi.

“Dengan adanya armada Transponsumut yang telah terpasang GPS, sistem transportasi pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara menjadi lebih terorganisir dan efisien. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang positif bagi seluruh peserta dan pengunjung," kata Agustinus.

Direktur Utama TRON, David Santoso menuturkan, pihaknya bangga dapat berkontribusi dalam suksesnya PON XXI Aceh-Sumatera Utara. "Solusi teknologi yang kami hadirkan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi, memberikan kenyamanan bagi para peserta, serta mendukung kelancaran seluruh rangkaian acara," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama GBS, Daryono menyatakan, sangat antusias dapat berkolaborasi dengan TRON, perusahaan yang telah berpengalaman dalam bidang teknologi transportasi. Dengan pengalaman dan keahlian mereka, pihaknya yakin dapat menghadirkan solusi terbaik untuk PON XXI.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kelancaran dan kesuksesan acara olahraga terbesar di Indonesia ini," pungkasnya.

 

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #aplikasi #transponsumut #permudah #mobilitas #atlet #aceh #sumatera #utara #tron #bekali #dengan #teknologi

KOMENTAR