Sambut Tahun Naga Kayu! Inilah Rekomendasi Wisata Domestik hingga Internasional yang Kental akan Tradisi Imlek
ILUSTRASI NAGA KAYU. (ISTOCK)
18:21
7 Pebruari 2024

Sambut Tahun Naga Kayu! Inilah Rekomendasi Wisata Domestik hingga Internasional yang Kental akan Tradisi Imlek

 - Sudah didepan mata, perayaan tahun baru Imlek yang akan dilaksanakan pada Sabtu (10/2/2024) mendatang menjadi salah satu rangkaian libur panjang selain peringatan Isra Miraj dan juga cuti bersama tahun baru Imlek.

Momen langka yang hanya datang setahun sekali tersebut kerap dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati dan mempelajari tradisi dan budaya Imlek lebih dalam .

Dilansir antaranews.com, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata domestik dan internasional dengan nuansa Imlek yang kental yang bisa kamu kunjungi.

1. Kemewahan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara

Dibalik kepadatan dan keramaian ibu Kota DKI Jakarta, terdapat satu surga tersembunyi bagi kamu penikmat alam. Ialah kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara.

Selain terkenal akan keindahannya, PIK juga terkenal akan kemeriahan perayaan Imlek setiap tahunnya. Berbagai kuliner khas Imlek menjadi suatu hal yang mudah kamu temukan di PIK.

Disini kamu bisa menikmati keindahan pantai seraya menyantap hidangan khas Imlek, seperti mun kiaw mien tradisional, ci cong fan, dan kwetiau seafood.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain di indoor Playtopia PIK Avenue atau Playtopia Adventure Senayan Park dengan berbagai atraksi seru dan interaktif yang disajikan untuk semua usia.

2. Ornamen Liong Naga Raksasa di Kota Surabaya

Menjadi etnis nomor tiga terbanyak di Surabaya, tak heran jika Ibu Kota Jawa Timur tersebut akan menampilkan perayaan meriah di malam tahun baru Imlek nanti.

Ornamen liong naga raksasa sepanjang 20 meter digadang-gadang akan hadir di Balai Kota Surabaya untuk memeriahkan malam tersebut.

Tak hanya hiburan yang menarik, Kota Surabaya juga menawarkan jelajah kuliner dan tradisi khas Imlek yang membuat malam tahun baru semakin lengkap.

3. Festival Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat

Menjadi salah satu daerah yang kental akan budaya Tiongkoknya, Kota Singkawang masih menjunjung tinggi tradisi etnis Tionghoa, terutama pada saat perayaan Imlek.

Berbagai tradisi khas akan dilakukan, seperti pemberian angpao, pertunjukkan barongsai, hingga pelaksanaan Festival Cap Go Meh.

Diketahui sebelumnya, Festival Cap Go Meh Singkawang merupakan salah satu event yang masuk dalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kemenparekraf RI.

Perayaan tersebut akan menghadirkan 6.000 lampion yang akan menghiasi ruas jalan Kota Singkawang.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Klenteng Bumi Raya dan Cagar Budaya Rumah Keluarga Tjhia.

4. Warisan Budaya Tionghoa di Singapore

Selain wisata dalam negeri, wisata internasional pun menjadi salah satu tempat rekomendasi yang dapat kamu kunjungi dalam perayaan Imlek nanti.

Salah satunya adalah Negeri Singa, yang menyimpan beragam warisan budaya Tionghoa yang masih terpelihara dengan sangat baik di tengah hiruk pikuk kota.

Diantaranya adalah Gardens by the Bay, yang menawarkan keindahan bentangan lampion di taman futuristik dengan maskot utama Xiaohe dan Naga ‘Wei Long’ yang berasal dari Sungai Hongbao.

Tak hanya itu, terdapat pula Chinatown, Heritage Centre, Kuil Thian Hock Keng, dan Maxwell Road Hawker Centre.

5. Suasana Otentik Pecinan Bangkok, Thailand

Menjadi pusat kekayaan budaya Tionghoa di Thailand, Pecinan Bangkok menawarkan pengalaman mewah bagi para pengunjungnya.

Dengan berlayar di Sungai Chao Phraya menggunakan Chao Phraya Princess Cruise, pengunjung akan dibuat terpukau dengan keindahan kota Bangkok di malam hari.

Seraya menyantap makan malam mewah prasmanan, tamu-tamu kapal akan dihibur dengan pertunjukan langsung di atas kapal pesiar dalam perayaan Imlek.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #sambut #tahun #naga #kayu #inilah #rekomendasi #wisata #domestik #hingga #internasional #yang #kental #akan #tradisi #imlek

KOMENTAR