Intip Destinasi Wisata Puri Mataram di Yogyakarta, Indah dan Cantik!
Taman bunga yang cantik di kawasan Puri Mataram, Sleman. (Travelspromo.com)
18:14
26 Januari 2024

Intip Destinasi Wisata Puri Mataram di Yogyakarta, Indah dan Cantik!

 

 – Puri Mataram adalah satu satu tempat wisata taman outdoor dari Yogyakarta yang baru dibuka pada 2018.

Destinasi wisata ini, dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Tridadi Makmur, Sleman.

Wisata dengan taman outdoor ini, mengusung konsep layaknya pada zaman Kerajaan Mataram dengan perpaduan antara wisata alam dengan budaya kental khas Jawa.

Dilansir dari tridadisid.slemankab.go.id, Jumat (26/1), Kabupaten Sleman, Puri Mataram banyak menyuguhkan aktivitas untuk para pengunjung, di antara lainnya adalah:

  1. Taman bunga yang tertata rapi

Disini pengunjung akan menemukan taman bunga dengan warna warni pelangi indah dan telah tertata dengan rapi yang memberikan kesan menarik jika diabadikan, sehingga pengunjung dapat bisa mengambil tempat foto di mana pun karena akan selalu terlihat indah.

  1. Wahana bermain air

Puri Mataram juga mempunyai sebuah kolam buatan yaitu tempat bermain dengan berbagai macam wahana menarik yang disediakan, antara lainnya adalah sepeda air atau becak air yang berbentuk hewan sambil  mengelilingi kolam.

Selain bermain sepeda air, pengunjung dapat mencoba menjadi atlet olahraga yaitu dengan mengayuh, di mana otot kaki akan menjadi lebih kuat hingga kalori pun terbakar.

Tempat ini sangat aman dan pengunjung tidak perlu khawatir bila mencoba wahana-wahana seru dan menarik lainnya yang menyenangkan.

  1. Tempat makan dengan menu makanan khas Jawa

Apabila sedang berkunjung ke Puri Mataram, dan bingung untuk mencari makanan untuk disantap saat sedang makan siang, hal itu sudah tidak perlu dikhawatirkan karena di sini pengunjung dapat menemukan restoran dengan sistem prasmanan, jadi mereka dapat dengan bebas mengambil sesuai porsi.

Menu khas Jawa yang enak dan lezat diantaranya adalah sayur lodeh, mangut lele, tempe bacem, tahu bacem, dan lainnya. Harga satu porsi makan di mulai dari harga Rp 8.000 – 15.000

  1. Bermain dengan kelinci

Jika ada pengunjung yang menyukai kelinci atau hewan imut, maka tidak perlu khawatir karena di Puri Mataram mereka mempunyai sebuah taman yang didedikasikan untuk kelinci. Salah satu aktivitas seru ini memungkinkan pengunjung untuk bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, seperti memegang, membelai, hingga menggendong para kelinci itu pun juga bisa.

Selain itu semua, pengunjung bahkan bisa memberi makan para kelinci imut dengan makanan yang telah tersedia.

  1. Keunikan dari Pasar Ndelik

Di Puri Mataram, pengunjung bisa dikejutkan atau menemukan sebuah pasar unik yang berlokasi di gubug kecil dan tertutup pohon yang diberi nama Pasar Ndelik, yaitu berasal dari kata Bahasa Jawa yang di mana 'Ndelik' artinya Sembunyi.

Pasar tersebut menjual berbagai macam makanan tempo dulu, seperti klepon, pisang goreng, jenang, pecel, cenil, dan makanan lainnya.

Untuk membayar, Pasar Ndelik tidak menerima pembayaran dengan uang kertas atau koin seperti biasanya namun dengan cara pembayaran yang disebut dengan pandel, yaitu uang yang dibuat dari kayu sebagai alat tukar, di mana satu pandel bernilai Rp 1.000.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intipdestinasi #wisata #puri #mataram #yogyakarta #indah #cantik

KOMENTAR