Artis Asing Masuk Indonesia Makin Mudah, Ed Sheeran dan Coldplay Manfaatkan Music Perfomer Visa
Musisi Ed Sheeran tampil dalam konser bertajuk + - = ÷ x Tour 2024 di Jakarta International Stadium (JIS) hari ini, Sabtu (2/3/2024) malam. Ada yang menarik dari kedatangan Ed Sheeran dan Calum Scott ke Indonesia. Ternyata keduanya datang menggunakan 'Music Performer Visa'. 
07:42
4 Maret 2024

Artis Asing Masuk Indonesia Makin Mudah, Ed Sheeran dan Coldplay Manfaatkan Music Perfomer Visa

Musisi Ed Sheeran menyapa para penggemarnya di Indonesia lewat konser tur bertajuk + - = ÷ x Tour 2024 di Jakarta International Stadium(JIS) pada Sabtu (2/3/2024).

Konser yang dipromotori oleh AEG Presents Asia, PK Entertainment, dan Sound Rhythm ini menggunakan konsep panggung 360 derajat, dimana Ed Sheeran mampu untuk berkomunikasi dengan penonton di semua arah.

Ya, panggung megah tersebut kemudian berputar 360 derajat. Sebelumnya konser penyanyi solo asal Inggris ini direncankan di Stadion Gelora Bung Karno(GBK), namun promotor memindahkan aksi panggung Ed Sheeran di JIS lantaran GBK bakal menjadi lokasi pertandingan sepak bola Indonesia melawan Vietnam.

Ada yang menarik dari kedatangan Ed Sheeran dan Calum Scott ke Indonesia. Ternyata keduanya datang menggunakan 'Music Performer Visa'.

Visa yang termasuk kategori 'single entry' atau sekali masuk ini berlaku selama 60 hari dan dapat diajukan melalui situs resmi evisa.imigrasi.go.id dengan sponsor seperti penyelenggara konser, promotor musik, atau pihak terkait lainnya.

'Music Performer Visa' untuk Ed Sheeran bukan yang pertama kali diterbitkan untuk artis internasional. Jenis visa yang resmi diluncurkan pada 14 September 2023 ini sebelumnya juga digunakan oleh grup musik Coldplay pada November 2023.

Kemudian ada , grup K-Pop Twice pada Desember 2023 serta Jonas Brothers pada Februari 2024.

Secara detail, terdapat 85 visa yang diterbitkan untuk konser musik Ed Sheeran, terdiri atas 11 Music Performer Visa (termasuk untuk Callum Scott serta para pemain alat musik) serta 74 Music Performer's Crew Visa (indeks C7B).

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim mengatakan 'Music Performer Visa' merupakan terobosan dari pihaknya.

Visa ini dimaksudkan untuk mendukung gelaran internasional di Indonesia.

"Visa ini khusus untuk musikus beserta krunya yang ingin melakukan kegiatan pertunjukan musik di Indonesia. Kebijakan tersebut diharapkan mendukung Indonesia menjadi negara destinasi gelaran internasional yang diperhitungkan," kata Silmy, Minggu(3/3/2024).

Silmy mengatakan bahwa syarat visa elektronik indeks C7A tersebut lebih ringkas dari sebelumnya sehingga memudahkan proses kedatangan kedua pelantun 'Thinking Out Loud' ke Indonesia.

Demi mendapatkan visa tersebut, artis internasional tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.
Penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan karena mereka hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia dan bukan merupakan kompetitor musikus lokal.

Ed Sheeran Bikin Heboh Pasar Santa

Ed Sheeran mendadak datang ke Pasar Santa, Jakarta Selatan pada Sabtu(2/3/2024) siang. Ia membagi bagikan album berbentuk vinyl. Ed Sheeran mendadak datang ke Pasar Santa, Jakarta Selatan pada Sabtu(2/3/2024) siang. Ia membagi bagikan album berbentuk vinyl. (Tangkap layar akun Instagram @laidbackbluesrecordstore)

Artis sekaligus musisi Ed Sheeran sempat mendadak bikin heboh warga Jakarta. Penyanyi asal Britania Raya ini datang ke Pasar Santa, Jakarta Selatan sebelum memulai konser di Jakarta International Stadium(JIS).

Salah seorang warga bernama Lecou sempat memposting video kedatangan Ed Sheeran di Pasar Santa, Jakarta Selatan pada Sabtu(2/3/2024) siang di akun X(twitternya) bernama @lecoucoue.

Dalam video tersebut Ed Sheeran terlihat berkeliling dari toko ke toko di Pasar Santa, Jakarta Selatan.
Lecou mengaku tidak sengaja bertemu Ed Sheeran.

Hanya kebetulan dirinya berada di sana hendak makan siang.

"Enggak sengaja ke Santa karena mau makan siang saja," ujarnya.

Beruntungnya saat berada di Pasar Santa, Lecou mendapatkan album lagu berbentuk vinyl dari Ed Sheeran.

"Serasa serah terima plakat," kata dia.

Polisi mengamankan jalannya konser musisi Internasional, Ed Sheeran yang digelar di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan ada ribuan personel gabungan disiagakan untuk pengamanan.

"Personel pengamanan ada 2.025 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Utara, TNI, dan Pemprov DKI," kata Ade Ary dalam keterangannya.

Selain itu, dia mengatakan dalam hal ini pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi untuk mengantisipasi kemacetan.

"Pengaturan lalu lintas dilaksanakan secara situasional, bekerja sama dengan stakeholders," ucapnya.
Dalam hal ini, Ade Ary meminta kepada masyarakat khususnya para penonton konser untuk tetap mengikuti peraturan yang ada.

"Imbauan kepada masyarakat agar menggunakan kendaran umum saat akan menghadiri konser dan mari kita ciptakan kamseltibcar lantas," jelasnya.(Tribun Network/abd/oji/wly)

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #artis #asing #masuk #indonesia #makin #mudah #sheeran #coldplay #manfaatkan #music #perfomer #visa

KOMENTAR