Cara Update HyperOS Secara Manual di HP Xiaomi, Langkahnya Mudah
Ilustrasi HyperOS di Redmi Note 12. [Dok. Xiaomi Indonesia]
05:48
23 Juni 2024

Cara Update HyperOS Secara Manual di HP Xiaomi, Langkahnya Mudah

Xiaomi resmi menyediakan HyperOS untuk sebagian besar smartphone-nya. Berikut terdapat cara update HyperOS secara manual di HP Xiaomi.

Perlu diketahui, HyperOS lebih ringan dan menawarkan kinerja ponsel lebih kencang dibanding MIUI. Itulah sebabnya kalian wajib mengupdate ke HyperOS apabila pembaruan sudah tersedia.

Update HyperOS biasanya muncul secara otomatis pada notifikasi di ponsel. Untuk memeriksa apakah update versi terbaru sudah tersedia, kalian hanya perlu pergi menu Setting > About Phone> Software Update > klik Check for Update.

Selain mengandalkan About Phone di menu Setting, pengguna juga bisa mengupdate HyperOS secara manual. Sebagai catatan, smartphone kalian harus masuk ke dalam daftar yang memenuhi syarat untuk update tersebut. Berikut cara update HyperOS secara manual di HP Xiaomi:

Baca Juga: 33 HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS 2.0 Berbasis Android 15, Langsung Download!

  • Klik website yang menyediakan update HyperOS (https://hyperosupdates.com/)
  • Pilih perangkat, wilayah, dan versi HyperOS yang ingin diunduh (kalian bisa langsung mengetik seri perangkat di pojok kanan atas website)
  • Klik tombol “OTA for V15.X.X.X”
  • Lanjut ke Download OTA Package
  • Usai Package terdownload, pergi ke menu Settings > My Device
  • Klik pada logo HyperOS
  • Kalian harus mengeklik logo HyperOS beberapa kali hingga muncul teks bertuliskan "Additional Features Are On"
  • Klik tiga baris di pojok kanan atas > pilih opsi Choose Update Package
  • Pilih Package yang sudah kalian download sebelumnya > klik Update

Informasi tambahan, terdapat dua jenis file pembaruan ROM. Yang pertama adalah Recovery ROM dan satu lagi merupakan Fastboot ROM.

Sesuai namanya, Recovery ROM diinstal melalui recovery sementara Fastboot ROM diinstal dari antarmuka fastboot menggunakan komputer. Panduan di atas membahas tentang penggunaan Recovery ROM untuk memperbarui perangkat.

Beda tampilan control center atau pusat kontrol sistem operasi HyperOS Poco X6 Pro 5G dan MIUI 14 Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Beda tampilan control center atau pusat kontrol sistem operasi HyperOS Poco X6 Pro 5G dan MIUI 14 Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Menurut penjelasan perusahaan, HyperOS mendukung lebih dari 200 platform prosesor dan lebih dari 20 sistem file standar, mencakup ratusan jenis perangkat dan ribuan SKU.

Hal ini memungkinkan konfigurasi, pengoperasian, dan penerapan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan perangkat keras. Kisaran ukuran RAM perangkat yang kompatibel mulai dari 64KB hingga 24 GB. HyperOS diklaim sangat ringan karena hanya berukuran 8,75 GB di HP Xiaomi.

Sistem operasi internal tersebut menawarkan kemampuan penjadwalan canggih yang dapat memerintahkan perangkat keras dan tugas secara akurat dalam skenario beragam serta kompleks.

Baca Juga: 5 HP POCO yang Menerima HyperOS 2.0 Berbasis Android 15, Cek Punyamu!

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #cara #update #hyperos #secara #manual #xiaomi #langkahnya #mudah

KOMENTAR