Cara Menemukan dan Menghapus Spyware dari HP
Ilustrasi spyware di smartphone. [Kaspersky]
14:00
18 Juni 2024

Cara Menemukan dan Menghapus Spyware dari HP

Spyware tidak hanya berdampak pada PC saat ini, tetapi juga dapat menyerang HP. Spyware yang dirancang untuk ponsel dapat menyamar sebagai aplikasi seluler palsu atau mengubah aplikasi yang dulunya dapat dipercaya menjadi pencuri data atau Trojan.

Apapun bentuknya, spyware seluler dapat mencuri informasi, melacak lokasi, merekam percakapan pengguna, dan banyak lagi. Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui cara menemukan dan menghapus spyware dari HP.

Berikut ini beberapa opsi penghapusan yang dapat dilakukan:

1. Jalankan pemindaian malware

Baca Juga: Debut Sebentar Lagi, Vivo Y58 5G Bawa Baterai 6.000 mAh

Ada solusi antivirus seluler yang dapat mendeteksi dan menghapus spyware. Ini adalah solusi termudah yang tersedia, namun mungkin tidak efektif dalam setiap kasus.

Vendor keamanan siber, termasuk Malwarebytes, Avast, dan Bitdefender, semuanya menawarkan alat pemindaian spyware seluler. Pengguna dapat menggunakan untuk mendeteksi infeksi biasa.

2. Gunakan alat penghapus spyware khusus

Pengguna juga dapat mencoba menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendeteksi dan menghapus spyware.

Namun, berhati-hatilah saat mengunduh alat yang hanya disediakan oleh perusahaan terkemuka dan melalui sumber resmi, karena salah satu cara paling umum untuk mengemas malware adalah dengan menyamarkannya sebagai perangkat lunak antivirus.

Baca Juga: Daftar HP Redmi yang Dapat Update HyperOS pada April hingga Juni 2024

3. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Periksa daftar aplikasi yang terpasang di ponsel dan hapus aplikasi apa pun yang tidak dikenali.

4. Periksa administrasi perangkat

Opsi ini bisa ditemukan dalam pengaturan keamanan lanjutan, di mana pengguna dapat memeriksa apakah ada aplikasi mencurigakan yang memiliki tingkat izin administrasi.

Jika demikian, pengguna dapat mencoba menghapusnya, meskipun ini berarti pengguna perlu mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Ilustrasi Spyware. [Freepik]Ilustrasi Spyware. [Freepik]

5. Reboot dalam Safe mode

Memulai ulang ponsel dalam Safe mode akan mencegah pengoperasian perangkat lunak pihak ketiga. Pada ponsel Android, pengguna biasanya dapat melakukan ini dengan menekan lama tombol power off dan memilih Safe mode.

Hal ini memungkinkan pengguna menghapus instalan aplikasi dengan aman. Namun, ini bukan solusi yang aman untuk varian spyware tingkat lanjut.

6. Perbarui sistem operasi

Ini mungkin tampak jelas, tetapi ketika sistem operasi merilis versi baru, yang sering kali dilengkapi dengan patch keamanan dan peningkatan, hal itu dapat menghapus spyware.

7. Reset pabrik

Jika semua cara di atas gagal, melakukan reset pabrik adalah opsi terakhir. Melakukan reset pabrik dan instalasi bersih pada perangkat yang diyakini telah disusupi dapat membantu memberantas beberapa bentuk spyware. Namun, pastikan untuk membuat cadangan konten penting terlebih dahulu.

Itulah hal-hal yang dapat pengguna lakukan untuk menghapus spyware di HP.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menemukan #menghapus #spyware #dari

KOMENTAR