Cara Menggunakan TikTok Notes
Ilustrasi TikTok (Unsplash.com/Olivier Bergeron)
12:40
23 Mei 2024

Cara Menggunakan TikTok Notes

TikTok memperkenalkan TikTok Notes, aplikasi berbagi foto baru yang memungkinkan pengguna memposting foto tunggal atau carousel. Namun, pengguna tidak dapat mengunggah video di aplikasi tersebut.

Platform ini masih dalam tahap pengujian, sehingga beberapa fitur mungkin berubah. TikTok menyebutkan bahwa TikTok Notes dirancang bagi pengguna yang ingin berbagi dan terlibat melalui konten foto.

Inilah yang harus pengguna ketahui tentang cara menggunakan TikTok Notes:

Cara menggunakan TikTok Notes

Baca Juga:Cara Counter Franco di Mobile Legends, Eksploitasi Kelemahannya
  • Pengguna harus memiliki akun TikTok untuk bisa menggunakan TikTok Notes.
  • Unduh aplikasi dari Google Play Store atau App Store, kemudian masuk dengan akun pengguna.
  • Pengaturan privasi TikTok tidak otomatis diterapkan ke TikTok Notes, sehingga pengguna harus mengaturnya secara manual.

Berikut ini fitur yang ditawarkan TikTok Notes:

1. Struktur umpan

TikTok Notes menampilkan umpan atau feed yang dibagi menjadi dua aliran, yang pertama untuk orang yang pengguna ikuti dan kedua berfungsi seperti FYP.
Perbedaannya terletak pada tata letak grid atau feed platform. Berbeda dengan pesaingnya, TikTok Notes memungkinkan pengguna melihat banyak postingan sekaligus, mirip dengan Pinterest.

Saat ini, TikTok Notes tidak memiliki Stories. Namun, mengingat Stories ada di aplikasi utama TikTok, fitur tersebut mungkin akan dibawa ke Notes.

2. Struktur profil

Baca Juga:Jelang Diblokir Amerika, TikTok Akan PHK Massal Karyawan di Seluruh Dunia

Profil TikTok Notes menampilkan gambar profil dan semua konten pengguna, termasuk postingan yang pengguna sukai dan simpan. Tidak seperti Instagram yang menghapus fitur untuk melihat apa yang disukai orang lain, TikTok Notes memungkinkan pengguna melihat postingan yang pengguna dan orang lain sukai dan simpan di bagian profil.

Namun, pengguna masih memiliki opsi untuk menyembunyikannya.

Ilustrasi TikTok. [Unsplash/Collabstr]Ilustrasi TikTok. [Unsplash/Collabstr]

3. Judul dan keterangan

TikTok Notes memungkinkan pengguna menempatkan judul pada postingan di atas teks biasa, fitur yang tidak dimiliki Instagram. Dengan TikTok Notes, pengguna dapat menulis teks hingga 4.000 karakter, hampir dua kali lipat dari 2.200 karakter yang diizinkan Instagram.

4. Peluang e-commerce dan monetisasi

TikTok Notes tidak memiliki fitur belanja bawaan seperti TikTok Shop, tetapi ada petunjuk bahwa e-commerce mungkin akan ditambahkan.

Seperti di Instagram, pembuat konten dapat menjelajahi opsi monetisasi, seperti postingan bersponsor dan kolaborasi merek, menjadikan TikTok Notes sebagai platform serbaguna untuk peluang e-commerce.

Itulah cara menggunakan TikTok Notes. Untuk saat ini, perusahaan belum memperkenalkan TikTok Notes di Indonesia. Namun ketika aplikasi tersebut dirilis, pengguna sudah bisa menggunakannya.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menggunakan #tiktok #notes

KOMENTAR