Beda Minecraft Java dengan Bedrock Edition, Harus Pilih yang Mana?
Game Minecraft. [Mojang]
15:24
18 Mei 2024

Beda Minecraft Java dengan Bedrock Edition, Harus Pilih yang Mana?

Cek perbedaan Minecraft Java dengan Minecraft Bedrock Edition berikut ini sebelum Anda mulai memainkannya. Sebab mengetahui informasi berikut bisa menjadi pertimbangan buat Anda.

Minecraft Java dan Minecraft Bedrock edition diluncurkan di PC pada tahun 2022, menghadirkan dua versi utama game secara berbeda. Walau kedua game tersebut beda versi, tapi hidup bahagia sebagai satu kesatuan.

Minecraft Java adalah nama resmi untuk versi asli game yang dibuat oleh Mojang pada tahun 2009.  Ini adalah versi yang Anda beli melalui situs web Mojang, meskipun sekarang juga tersedia melalui PC Game Pass.

Sementara itu,  Minecraft Bedrock adalah versi baru dari game yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 2017 yang secara bersamaan menggantikan dan menyatukan versi konsol, seluler (sebelumnya dikenal sebagai Pocket Edition), dan versi toko Windows 10 dari game tersebut.

Lalu apa perbedaan di antara keduanya? berikut Suara.com telah merangkum informasinya buat Anda.

Beda Minecraft Java dengan Minecraft Bedrock Edition

1. Perangkat yang Kompatibel

Perbedaan pertama adalah soal perangkat. Sebelum bermain, pastikan game tersebut berjalan pada platform yang Anda miliki.

Minecraft Java Edition hanya tersedia di Windows, Mac, dan Linux. Sedangkan Minecraft Bedrock Edition tersedia di Windows 10 dan 11, Xbox One, Xbox Series S dan X, PlayStation 4 dan 5, Nintendo Switch, Android, iOS, dan Windows Mobile. 

Namun jika Anda memiliki PC Windows 10 atau 11, Anda juga bisa mendapatkan Java & Bedrock Edition.

2. Perbedaan saat akses awal

Baik Java maupun Bedrock menerima pembaharuan besar yang sama secara konsisten. Namun, ada perbedaan ketika mengakses versi pengembangan game.

Edisi Java secara berkala menerima pembaruan yang disebut snapshot, yang pada dasarnya merupakan versi pengujian game, lebih tepatnya dikenal sebagai versi pengembangan awal.

Untuk bisa menginstal snapshot, Anda hanya perlu membuka Minecraft Launcher dan mengaktifkannya di tab Instalasi.

Setelah itu, game Anda akan diperbarui setiap kali snapshot keluar dan Anda akan selalu selangkah lebih maju dari teman-teman Anda. Ya, kecuali mereka melakukan hal yang sama.

Minecraft Java Edition juga memiliki tombol Fitur Eksperimental. Seperti yang Anda harapkan, tombol kecil yang bagus ini memungkinkan Anda memperkenalkan fitur pra-rilis ke game Anda.

Sementara itu, Minecraft Bedrock Edition, versi pengujian game disebut pratinjau (untuk sebagian besar platform) atau rilis beta (di Android). 

Sama seperti snapshot Java, Android beta bisa jadi tidak stabil, jadi Anda harus membuat cadangan dunia Anda sebelum ikut serta.

Anda juga tidak akan memiliki akses ke Realms atau dapat bergabung dengan pemain non-beta. Untuk ikut serta dalam program beta, Anda harus membuka halaman Minecraft di Google Play Store. 

Pratinjau tersedia di Xbox One, Xbox Series S dan X, iOS, serta Windows 10 dan 11. Anda hanya dapat mengaksesnya melalui aplikasi khusus bernama Pratinjau Minecraft, yang terpisah dari game utama, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang memengaruhi dunia Anda saat ini.

3. Berbeda di Server Multiplayer

Ada beberapa perbedaan dalam hal cara server diakses. Di Minecraft Bedrock Edition, terdapat daftar server unggulan yang memerlukan akun Microsoft untuk bergabung, sedangkan di Java Edition Anda dapat mengakses berbagai server pihak ketiga.

Di kedua edisi tersebut, Anda juga dapat membuat server sendiri. Jika Anda ingin mengundang teman Anda atau bermain bersama keluarga, maka Anda harus tahu bahwa hanya Bedrock versi konsol yang mendukung multi pemain lokal di layar terpisah.

4. Crossplay

Crossplay penting jika Anda ingin bermain online dengan teman yang menggunakan perangkat game berbeda. Meskipun kedua edisi mendukung multipemain daring, keduanya menggunakan server yang berbeda.

Ini berarti pemain Java dan Bedrock tidak bisa bermain bersama. Jadi pastikan untuk bertanya kepada teman Anda versi mana yang mereka miliki. 

Jika Anda memiliki akses ke kedua edisi tersebut (Anda bisa mendapatkan Java & Bedrock Edition di Windows 10/11 atau Anda memiliki beberapa perangkat), Anda akan dapat bermain dengan teman di kedua edisi tersebut.

5. Perbedaan MOD

Edisi Java dikenal di kalangan pemain lama karena terbuka dan dapat disesuaikan. Ada banyak situs web yang menawarkan konten pihak ketiga, mulai dari skin hingga peta dan bahkan mod yang mengubah mekanisme permainan.

Namun, Java sangat cocok untuk pemain berpengalaman yang ingin menyesuaikan permainan mereka dan juga memiliki pengetahuan teknis atau setidaknya ingin belajar tentang mod.

Itulah beberapa perbedaan Minecraft Java dengan Minecraft Bedrock Edition yang mungkin sedang Anda cari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #beda #minecraft #java #dengan #bedrock #edition #harus #pilih #yang #mana

KOMENTAR