Mobil Matic kalau Berhenti di Lampu Merah sebaiknya di Posisi Transmisi N atau D?
Ilustrasi tuas transmisi mobil matic (Astra Daihatsu)
16:20
14 Mei 2024

Mobil Matic kalau Berhenti di Lampu Merah sebaiknya di Posisi Transmisi N atau D?

Fungsi transmisi N alias Netral pada mobil matic, terkadang masih membuat bingung para pemiliknya, terutama saat kondisi lampu merah yang mengharuskan mobil berhenti. Dan yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan transmisinya, apakah perlu dipindahkan ke posisi N atau tetap pada D saja?  

  Lalu mana yang sebaiknya dilakukan? Mengutip laman Daihatsu, ketika berhenti di lampu merah memang sebaiknya posisi tuas transmisi di N. Hal itu dilakukan untuk menghindari beban kerja terhadap mesin.   Ketika mobil berhenti namun posisi tuas transmisi di D, maka secara bersamaan penyaluran tenaga di gearbox ke roda akan tertahan oleh rem mobil. Ini akan membuat tenaga mesin meningkat hingga menghasilkan getaran mesin yang keras.   Dengan begitu, kinerja engine mounting untuk menahan getaran mesin mobil jadi lebih keras. Bila terjadi terus menerus, usia komponen tersebut bisa jadi lebih singkat. Kalau sudah begitu, Anda harus bersiap merogoh kocek lebih dalam untuk membetulkannya.   Ada juga alasan keselamatan yang perlu diperhatikan. Ketika lampu merah posisi tuas transmisi di D bisa jadi tidak tersadar melepas gas dan mobil jadi maju secara tiba-tiba. Bukan tidak mungkin tabrak depan tak terhindarkan.   Tapi perlu diingat, ketika posisi tuas transmisi di ‘N’ Anda tetap harus menginjak rem. Ini dilakukan untuk menjadi penanda bagi pengendara belakang.   Pengendara belakang juga bisa mengatur jarak supaya tak menimbulkan tabrak belakang. Kaki pengendara juga bisa rehat sejenak lantaran tidak harus standby menginjak rem, atau kalau mau lebih aman, bisa gunakan tuas rem tangan.   Selain itu, kebiasaan memindahkan posisi gigi ke posisi netral saat di lampu merah dianggap lebih baik daripada membiarkannya di posisi D. Hal ini disebabkan karena saat mobil berhenti dalam posisi D, maka oli transmisi kita akan terpakai dan akan membuat mobil kita menjadi "panas”.  

  Selain itu, jika kita tidak memindahkan ke posisi netral, otomatis kaki kita harus terus menerus stand by menginjak pedal rem pada mobil, sehingga kampas rem mobil kita akan menjadi cepat aus dan harus sering dilakukan penggantian, yang berarti kita harus mengeluarkan budget lebih untuk hal ini. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #mobil #matic #kalau #berhenti #lampu #merah #sebaiknya #posisi #transmisi #atau

KOMENTAR