Informasi di Internet Tak Terhingga, Sophie Tobelly: Jangan Langsung Percaya, Selalu Periksa Fakta
Ilustrasi internet. 
22:06
27 Maret 2024

Informasi di Internet Tak Terhingga, Sophie Tobelly: Jangan Langsung Percaya, Selalu Periksa Fakta

- Sophie Tobelly, seorang digital content creator, mengatakan informasi yang beredar di internet tak terhingga jumlahnya.

Karenanya, menurut dia, penting bagi pengguna internet untuk memilah informasi yang baik dan membuang informasi yang tidak baik.

"Jangan langsung percaya dan harus selalu periksa fakta sederhana,“ ujar Sophie Tobelly webinar Makin Cakap Digital 2024, Selasa (26/03/2024).

Sophie juga menjelaskan pentingnya etika digital bagi pengguna internet.

"Karena Indonesia memiliki beragam budaya dari Sabang sampai Merauke sehingga untuk dapat lancar berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang banyak akan diperlukan standar baru etika yaitu etika digital," lanjut dia.

Ia menambahkan ada empat ruang lingkup etika yang harus diperhatikan, yakni Kesadaran, Tanggung Jawab, Integritas, dan Kebajikan.

"Jutaan pengguna media sosial di Indonesia harus diajak untuk membiasakan agar dapat menjauhi konten negatif, memperbanyak produksi konten positif, dan selalu memeriksa fakta sederhana untuk membuat internet lebih bermanfaat bagi dunia," tandasnya.

Makin Cakap Digital merupakan Workshop daring literasi digital sudah dilakukan tiga tahun terakhir.

Program tersebut mendulang sukses dengan mengantarkan area Papua Barat menduduki peringkat keempat setelah kota Yogyakarta, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur dengan indeks 3,62 yang dilihat dari data survei.literasidigital.id.

Episode 6 Makin Cakap Digital 2024, Selasa (26/3/2024), menyasar Segmen Pendidikan Maluku-Papua di kabupaten Sorong Papua Barat dengan mengambil tema ‘Periksa Fakta Sederhana’.

Peserta yang hadir dari beberapa sekolah di Sorong. Mereka menggelar nonton bareng di aula sekolah. Adapun sekolah tersebut adalah MTS kota Sorong, SMP N 4 kota Sorong, SMP N 1 kota Sorong, SMAN 1 Manokwari, dan SMA Ampera Kota Sorong.

Workshop daring ini dilakukan untuk menyikapi fenomena masyarakat Indonesia dewasa ini yang memanfaatkan media sosial untuk mencari maupun menyebarkan informasi secara terbuka.

Banyak hal positif yang dapat dipetik di era digital di antaranya dapat digunakan untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda supaya bisa lebih banyak menghasilkan portfolio yang dapat mendukung masa depan bahkan bisa mendatangkan  penghasilan yang baik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi membuka webinar menyampaikan tujuan diadakannya workshop daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 6 ini.

“Pengguna internet di Indonesia naik secara signifikan setiap tahunnya. Dan tahun ini terbukti Indonesia mendapatkan indeks 3.59 dari 5 untuk tingkat literasi digital dengan kata lain memasuki tahap sedang."

"Ini meningkat dari tahun lalu di indeks 3.54. Dengan adanya kegiatan Makin Cakap Digital 2024 ini diharapkan dapat mendongkrak indeks supaya semakin baik lagi,” terangnya.

Sementara Dirjen Aptika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan Workshop daring Makin Cakap Digital 2024 diharapkan mendukung transformasi digital Indonesia dengan memberikan pelatihan empat pilar kompetensi literasi digital.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #informasi #internet #terhingga #sophie #tobelly #jangan #langsung #percaya #selalu #periksa #fakta

KOMENTAR