Pakai Teknologi Ini, Bank BRI Sebut Bisa Tekan Potensi Kecurangan dan Gangguan Siber di Aplikasi BRIMo
Jumpa pers Telkomsel dan Bank BRI melalui aplikasi BRIMo dalam upaya mencegah potensi fraud di layanannya, Jumat (25/10). (RianAlfianto/JawaPos.com)
17:16
25 Oktober 2024

Pakai Teknologi Ini, Bank BRI Sebut Bisa Tekan Potensi Kecurangan dan Gangguan Siber di Aplikasi BRIMo

  Saat ini hampir semua layanan digital ada di smartphone kita. Misalnya yang paling banyak digunakan adalah layanan perbankan berupa aplikasi E-Wallet atau dompet digital dan layanan fintech lainnya.   Menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber pada 2023. Serangan ini mencakup berbagai jenis ancaman, seperti malware, trojan, sampai dengan ransomware.    Oleh sebab itu, saat ini isu keamanan platform digital juga semakin disadari oleh penyedia layanan. Misalnya dengan menerapkan proses verifikasi yang lebih ketat, potensi fraud atau kecurangan yang dilakukan penjahat siber diharapkan relatif bisa ditekan.  

  Menyadari potensi bahaya tersebut, Bank BRI melalui aplikasi BRI Mobile atau BRIMo menggandeng Telkomsel menggunakan teknologi Telco Verify. Teknologi verifikasi tersebut diklaim dirancang untuk memberikan pengalaman digital yang lebih aman dan efisien.    Solusi Telco Verify memungkinkan identitas pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).    "Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja," jelas Danang Wedhasmara, VP Product Development, Retail Payment Division BRI ditemui JawaPos.com di Jakarta, Jumat (25/10).  

  Menurutnya, solusi yang andal dan efisien tidak hanya membantu mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan layanan digital yang disediakan oleh bisnis dari berbagai sektor.   "Sejak penerapan Telco Verify, BRI telah melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo. Dengan penerapan solusi Telco Verify dari Telkomsel Enterprise, BRImo dapat meningkatkan perlindungan bagi nasabahnya secara signifikan," imbuh Danang.   Dalam kesempatan yang sama, VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, mengatakan, fitur verifikasi identitas secara real-time ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui BRImo terlindungi dari risiko tindak kejahatan siber.   

  "Melalui penerapan Telco Verify sebagai teknologi keamanan terkini, BRIMo memastikan bahwa setiap interaksi nasabah dengan layanan perbankan digital ini dilakukan dengan tingkat perlindungan yang tinggi, memberikan rasa aman dan kepercayaan yang lebih besar terhadap  keamanan data pribadi," ungkap Alfian.   Lebih lanjut, Alfian berharap kapabilitas Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yang seamless dapat turut mendukung transformasi digital di sektor industri lainnya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia agar jadi lebih aman.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pakai #teknologi #bank #sebut #bisa #tekan #potensi #kecurangan #gangguan #siber #aplikasi #brimo

KOMENTAR