Sekte Ganti Oli Motor Matic Pakai Oli Mesin Diesel kembali Bangkit, Ketahui Dampak Jangka Panjangnya
Ilustrasi mengganti oli mesin motor. (MotoDeal)
08:52
17 Oktober 2024

Sekte Ganti Oli Motor Matic Pakai Oli Mesin Diesel kembali Bangkit, Ketahui Dampak Jangka Panjangnya

 
  - Oli mesin merupakan komponen yang sangat vital dalam mendukung kinerja dan performa kendaraan. Karena mesin terdiri dari jenis berbahan bakar bensin dan oli diesel maka olinya pun berbeda.  

  Perlu diketahui para pengguna motor matic yang termakan tren menggunakan oli mesin diesel, ternyata ada efek jangka panjangnya yang nggak bisa dianggap remeh. Berbahaya, jangan dicoba.   Penggunaan oli diesel dianggap lebih awet dari pada oli diesel. Namun, tren penggunaan oli ini sebenarnya bukan hal yang patut ditiru.   Perdebatan tentang penggunaan oli diesel untuk motor juga masih terus berlangsung di antara para pengendara sepeda motor. Sejumlah kalangan berpendapat bahwa penggunaan oli diesel bisa meningkatkan daya tahan dan kinerja mesin motor yang dikendarai.    Anggapan ini didasarkan pada fakta penggunaan oli diesel pada mobil niaga. Akan tetapi, hal itu ternyata merupakan kesalahpahaman. Oli diesel memang aman untuk mobil niaga, tetapi berbahaya bagi motor.    Jenis oli ini bisa membuat mesin motor cepat aus dan pada dasarnya tidak sesuai prinsip dan kebutuhan mesin motor. Dilansir dari PlanetBan, di dalam oli diesel sendiri ada zat aditif yang bersifat membersihkan seperti pada deterjen. Tak heran oli diesel memang mampu membuat mesin lebih bersih.  

  Selain untuk membersihkan, zat aditif juga mampu menetralisir asam yang ada akibat pembakaran bahan bakar bersulfur tinggi, sehingga tidak mengakibatkan korosi di mesin. Akan tetapi, proses ini sayangnya memicu penumpukan kerak logam di piston.   Ketika oli ini masuk ke mesin motor, maka bensin akan jadi lebih aus. Jadi, meskipun jadi lebih bersih, tetapi ampas dari pembersihan itu akan menumpuk di area piston, sehingga menimbulkan kerak yang membahayakan motor.   

  Kerak berwarna abu-abu yang menyerupai serbuk garam itu juga akan tampak di dalam ruang pembakaran. Cepat atau lambat, hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin. Maka dari itu, pengendara sangat disarankan untuk menggunakan oli bensin atau oli motor pada umumnya saja. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #sekte #ganti #motor #matic #pakai #mesin #diesel #kembali #bangkit #ketahui #dampak #jangka #panjangnya

KOMENTAR