Delegasi Indonesia Dorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di W20 Summit Brazil
Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini di W20, Brasil. [XL Axiata]
14:24
10 Oktober 2024

Delegasi Indonesia Dorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di W20 Summit Brazil

Delegasi Indonesia dipimpin Hadriani Uli Silalahi dan Dian Siswarini, dengan tegas menyerukan kebijakan inklusif untuk meningkatkan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan.

Sebagai bagian dari diskusi G20, Women 20 (W20) Summit  di Rio de Janeiro, 31 September-4 Oktober 2024, menegaskan komitmen Indonesia dalam mendorong perubahan signifikan jangka panjang bagi perempuan di berbagai sektor seperti bisnis, pendidikan, dan teknologi.

Chair W20 Presidensi Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, membawakan materi mengenai tinjauan tentang Kepresidenan Indonesia, India, Brazil, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Selanjutnya Co-Chair W20 Indonesia, Dian Siswarini, membawakan materi mengenai wirausaha perempuan - akses pembiayaan, modal, dan pasar. 

Delegasi W20, Farahdibha Tenrilemba, membawakan materi berupa rekomendasi ekonomi perawatan.

Baca Juga: iQOO 13 Bawa Supercomputing Chip Q2, Dongkrak Performa Game di HP

Terakhir, Delegasi W20, Tantri Dyah Kiranadewi, menyampaikan materi mengenai kemajuan dalam kebijakan dan program oleh anggota G20.

Delegasi Indonesia dorong kesetaraan gender di W20, Brasil. [XL Axiata]Delegasi Indonesia dorong kesetaraan gender di W20, Brasil. [XL Axiata]

Hadriani Uli Silalahi pun menekankan pentingnya rekomendasi yang disampaikan oleh W20 dalam upaya mempercepat kesetaraan gender.

"Rekomendasi yang disampaikan oleh W20 tidak hanya penting untuk mempercepat kesetaraan gender, tetapi juga menjadi langkah strategis untuk memberdayakan perempuan secara ekonomi dalam kerangka pembangunan global," ujar Hadriani Uli Silalahi dalam keterangan resminya, Kamis (10/10/2024).

Sementara itu, Co-Chair W20 Indonesia, Dian Siswarini, menekankan, kesetaraan gender bukan hanya tujuan, tapi kunci untuk membuka potensi penuh ekonomi global kita.

"Melalui inisiatif seperti Sisternet, kami membuktikan bahwa pendekatan praktis berbasis komunitas dapat memberikan dampak yang bertahan lama. Saatnya kita membawa model-model ini ke panggung global," ungkapnya.

KTT kali ini juga berfokus kepada peningkatan peran wanita dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik global, dengan tujuan untuk mendorong kebijakan-kebijakan inklusif yang mendukung pemberdayaan perempuan.

"Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan adalah isu mendesak yang perlu perhatian semua negara," ujar Dian.

Di W20 Indonesia, program Sisternet sebagai pemberdayaan ekonomi perempuan telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan.

Lebih lanjut, Dian menggarisbawahi pentingnya peran W20 dalam mendorong dialog antarnegara dan memperjuangkan agenda kesetaraan gender yang lebih komprehensif.

Uli menambahkan, bahwa pemberdayaan ekonomi perempuan adalah kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di tingkat global.

Baca Juga: Perang GPU Memanas! NVIDIA Bakal Umumkan Kejutan di CES 2025

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #delegasi #indonesia #dorong #kesetaraan #gender #pemberdayaan #ekonomi #perempuan #summit #brazil

KOMENTAR