Peringatan untuk Pengguna Apple: Fitur Keamanan Baru Hadir Bersamaan dengan Pembaruan Terbaru
Logo Apple. [Pexels/Pixabay]
10:16
18 September 2024

Peringatan untuk Pengguna Apple: Fitur Keamanan Baru Hadir Bersamaan dengan Pembaruan Terbaru

Pembaruan iOS terbaru dari Apple dilaporkan akan memperkenalkan fitur khusus yang bertujuan mencegah penggunaan komponen ponsel curian.

Menyadur dari Unilad, Awal tahun ini, Apple memperkenalkan fitur 'Kunci Aktivasi', yang dirancang untuk mencegah orang lain menggunakan iPhone atau iPad yang hilang atau dicuri.

Kini, dilaporkan bahwa fitur tersebut juga diperluas untuk mencakup komponen individual perangkat iPhone, sehingga mempersulit pencurian dan penjualan suku cadang ponsel.

Apa itu 'Kunci Aktivasi'?

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi iPhone 16 Pro Max vs iPhone 15 Pro Max, Sejauh Apa Peningkatannya?

Situs web Apple menjelaskan: "Kunci Aktivasi secara otomatis diaktifkan saat Anda menyiapkan Find My di perangkat Anda. Fitur ini membantu menjaga keamanan perangkat Anda, bahkan jika jatuh ke tangan yang salah, dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkannya kembali. Bahkan jika Anda menghapus perangkat Anda dari jarak jauh, Kunci Aktivasi masih dapat mencegah orang lain mengaktifkan perangkat Anda tanpa izin."

Jika 'Kunci Aktivasi' aktif—secara otomatis diaktifkan saat Anda pertama kali mengatur 'Find My'—Apple akan menyimpan ID Apple Anda di server aktivasi dan menautkannya ke perangkat Anda. Ini berarti kata sandi ID Apple atau kode sandi perangkat Anda diperlukan sebelum perubahan besar dapat dilakukan pada ponsel.

Anda juga dapat menandai ponsel Anda sebagai 'Hilang' melalui aplikasi 'Find My', yang akan mengunci layar dengan kode sandi, serta memungkinkan Anda menambahkan pesan untuk membantu memulihkan perangkat atau memilih untuk menghapusnya sepenuhnya.

Pada dasarnya, 'Kunci Aktivasi' memastikan bahwa orang yang mengambil ponsel Anda tidak akan dapat mematikan fitur Find My, menghapus data ponsel, atau mengaktifkannya kembali dan menggunakannya seperti ponsel baru. Kini, fitur ini dilaporkan diperluas untuk mencakup setiap bagian dari perangkat iPhone.

Pembaruan Terbaru

Baca Juga: Realme Pamer Teknologi Anyar Mirip iPhone 16 Series, Bawa Tombol Cerdas Ini

Pada bulan April, Apple mengumumkan dalam pembaruan resmi bahwa fitur 'Kunci Aktivasi' yang populer akan diperluas ke komponen iPhone. Hal ini dilakukan untuk mencegah pencurian iPhone yang dibongkar untuk diambil suku cadangnya.

Komponen yang dapat diganti seperti layar, kamera, dan baterai—semuanya memiliki nomor seri masing-masing—akan dilindungi oleh fitur ini. Pembaruan tersebut juga menyebutkan, "Diminta oleh pelanggan dan petugas penegak hukum, fitur ini dirancang untuk membatasi pencurian iPhone dengan memblokir iPhone yang hilang atau dicuri agar tidak diaktifkan kembali."

Jika perangkat yang sedang diperbaiki mendeteksi bahwa suku cadang berasal dari perangkat lain yang terdaftar dalam mode Kunci Aktivasi atau Mode Hilang, kemampuan kalibrasi untuk suku cadang tersebut akan dibatasi.

Betaprofiles menjelaskan di platform Threads bahwa, meskipun Anda dapat mengetuk 'Batal' dan terus menggunakan iPhone tanpa memasukkan Akun Apple pemilik sebelumnya, komponen yang diganti akan diberi label "Komponen Tidak Dikenal" di pengaturan.

iOS 18, yang tersedia untuk iPhone XR dan versi lebih baru, telah diuji oleh pengembang dan penguji beta publik pada Senin (9 September), dan dijadwalkan untuk diluncurkan ke publik pada Senin (16 September), menurut laporan dari 9to5Mac.

Saat ini, fitur Kunci Aktivasi untuk komponen hanya tersedia di iPhone dan belum diperluas ke iPad atau perangkat lainnya.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #peringatan #untuk #pengguna #apple #fitur #keamanan #baru #hadir #bersamaan #dengan #pembaruan #terbaru

KOMENTAR