Toyota Fortuner Baru Pakai Shockbreaker Monotube Biar Nggak Limbung, Ini Bedanya dengan Shockbreaker Twintube
Ilustrasi perbaikan komponen kaki-kaki mobil. (Auto2000)
11:40
12 September 2024

Toyota Fortuner Baru Pakai Shockbreaker Monotube Biar Nggak Limbung, Ini Bedanya dengan Shockbreaker Twintube

– Toyota meluncurkan New Fortuner 2024 pada Jumat (6/9) pekan lalu. Mobil SUV medium andalan bapak-bapak boomer untuk pamer style dan bukti kemapanan finansial itu diklaim hadir dengan sejumlah peningkatan.

Bukan cuma tampang, New Toyota Fortuner 2024 juga sudah hadir dengan fitur lengkap. Misalnya saja pada New Toyota Fortuner ini sekarang sudah hadir dengan memilki fitur Toyota Safety Sense (TSS), yang sebelumnya justru hadir di mobil murahnya yakni Veloz dan Raize.

Pembaruan lainnya dari New Fortuner yakni pada setting suspensinya. Sebelumnya dikenal limbung, Toyota Fortuner khususnya di varian 2.8 GR kini berbenah dari sektor suspensinya.

Dengan GR Performance pada Fortuner, Aplikasi Monotube Suspension atau suspensi monotube Tuned by GR diklaim meningkatkan handling. Sehingga New Fortuner tidak mudah limbung. Monotube suspension digadang turut meng-upgrade kenyamanan di medan on-road maupun off-road. 

Lalu, apa bedanya monotube suspension dengan suspensi biasa seperti twintube? 

Orang biasa pasti nggak bakal tahu. Selain mekanik, semua shockbreaker mobil pasti dianggap sama saja. Shock absorber monotube seperti namanya adalah jenis yang memiliki satu tabung untuk mengatur inline dengan fungsi menampilkan ruang gas dan minyak. 

Katup piston shock absorber ini mampu menghasilkan gaya redam yang optimal ketika kondisi memanjang atau kontraksi. Makanya shockbreaker jenis ini lebih andal. Selain itu, shockbreaker monotube adalah versi lebih mutakhir. 

Mereka hanya memiliki satu tabung di mana minyak dan gas terkandung dalam tabung yang sama. Ini membuatnya lebih efisien dalam mengendalikan guncangan dan memberikan kontrol yang lebih baik, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Sementara shock absorber twintube memiliki konstruksi dua tabung sebagai media redam. Gaya redamannya dapat diperluas, sedangkan katup dasarnya bisa memberikan gaya reduksi pada stroke ketika dalam kondisi kontraksi.

Shockbreaker twintube adalah jenis yang paling banyak digunakan pada mobil konvensional. Mereka memiliki dua tabung, yaitu tabung dalam dan luar, dengan minyak di dalam tabung dalam dan udara atau gas di antara keduanya.

Desain ini memungkinkan penyerapan yang baik terhadap guncangan, namun, mereka cenderung lebih cepat aus. 

Shockbreaker atau shock absorber sendiri adalah salah satu komponen mobil yang dapat memberikan kenyamanan sepanjang anda berkendara. Sebagai bagian dari sistem kerja suspensi mobil, fungsi utama komponen ini sesuai namanya, yaitu peredam getaran atau guncangan berlebih saat sedang berkendara. 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #toyota #fortuner #baru #pakai #shockbreaker #monotube #biar #nggak #limbung #bedanya #dengan #shockbreaker #twintube

KOMENTAR