Siapa pemilik Oxford United? Klub Liga Inggris yang Rekrut Marselino Ferdinan
Pemilik Oxford United, Anindya Bakrie (kedua dari kiri). [Istimewa]
13:06
20 Agustus 2024

Siapa pemilik Oxford United? Klub Liga Inggris yang Rekrut Marselino Ferdinan

Kabar bergabungnya Marselino Ferdinan ke Oxford United menjadi sorotan publik sepak bola Indonesia. Lalu siapa pemilik klub kasta kedua Liga Inggris tersebut?

Oxford United, yang resmi promosi ke Championship atau kasta kedua Liga Inggris untuk musim 2024/2025, ternyata dimiliki dua pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie.

Sejak September 2022, Erick Thohir dan Anindya Bakrie resmi menjadi pemegang saham mayoritas Oxford United.

Keduanya mengakuisisi saham dari pengusaha Thailand dan kini memiliki 51% saham klub yang berjuluk The U's tersebut.

Baca Juga: Luar Biasa Perkiraan Gaji Marselino Ferdinan di Oxford United, Besar Banget?

Keputusan untuk mengakuisisi klub ini sejalan dengan visi mereka untuk mengembangkan sepak bola Indonesia di kancah internasional.

Perekrutan Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan klub Championship Inggris, Oxford United. [Dok. Instagram/Oxford United]Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan klub Championship Inggris, Oxford United. [Dok. Instagram/Oxford United]

Marselino Ferdinan resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Oxford United pada Senin (19/8/2024) malam WIB.

Pengumuman ini menjadi sorotan, terutama karena Marselino akan menjadi pemain Indonesia pertama yang berpotensi tampil di Sky Bet Championship, jika terpilih oleh tim utama Oxford United musim ini.

"Saya senang dan masih tidak percaya saya ada di sini. Menjadi pemain kelahiran Indonesia pertama yang bermain di Championship jika dipilih membuat saya sangat bangga," kata Marselino dikutip dari laman resmi Oxford United.

Baca Juga: Subhanallah! Ragnar Oratmangoen Ngomong Bahasa Arab Kasih Selamat ke Marselino Ferdinan Gabung Oxford United

"Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, dan saya akan memberikan 100% untuk memanfaatkannya sebaik-baiknya."

“Pesan saya kepada semua orang adalah untuk terus mendukung tim dan ketahuilah bahwa saya akan melakukan yang terbaik untuk bersaing dan mewakili klub ini.”

Sejarah dan Prestasi Oxford United

Para pemain Oxford United merayakan gol Josh Murphy ke gawang Bolton Wanderers dalam pertandingan final play-off League One 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu malam. Oxford menang 2-0 dan promosi ke Divisi Championship Inggris. [Oxford United]Para pemain Oxford United merayakan gol Josh Murphy ke gawang Bolton Wanderers dalam pertandingan final play-off League One 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu malam. Oxford menang 2-0 dan promosi ke Divisi Championship Inggris. [Oxford United]

Oxford United adalah klub sepak bola Inggris yang memiliki sejarah panjang. Berdiri sejak 1893, klub ini bermarkas di Stadion Kassam dan dikenal dengan warna kuning kebanggaannya.

Meskipun telah lama bermain di berbagai divisi sepak bola Inggris, termasuk kasta kedua, ketiga, dan keempat, Oxford United pernah merasakan kejayaan di kompetisi kasta tertinggi, yakni First Division, pada era 1980-an.

Prestasi tertinggi klub ini tercatat pada 1986 ketika mereka berhasil menjuarai Piala Liga dengan kemenangan telak 3-0 atas Queens Park Rangers di final yang digelar pada 20 April 1986. Selain itu, mereka juga pernah meraih gelar juara Divisi Dua pada musim 1984-1985.

Kini, dengan kepemilikan oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie, serta kehadiran Marselino Ferdinan, Oxford United siap menghadapi tantangan baru di Championship musim 2024-2025.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #pemilik #oxford #united #klub #liga #inggris #yang #rekrut #marselino #ferdinan

KOMENTAR