Media Vietnam Ingatkan Timnas Indonesia: Maarten Paes Tak Jamin Sukses di Kualifikasi Piala Dunia
Maarten Paes buka suara soal kabar dirinya gabung Empoli. (Instagram/@maartenpaes)
15:36
19 Agustus 2024

Media Vietnam Ingatkan Timnas Indonesia: Maarten Paes Tak Jamin Sukses di Kualifikasi Piala Dunia

Media Vietnam, Bongda24h memperingati Timnas Indonesia bahwa kehadiran kiper naturalisasi, Maarten Paes tak otomatis membawa Garuda melangkah mulus di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia mendapatkan tambahan kekuatan yang sangat berharga setelah FIFA memberi lampu hijau kepada Maarten Paes untuk menjalani prosedur perubahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Kabar gembira itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam unggahannya di Instagram pada Minggu (18/8/2024).

"Setelah mendapat 'anggukan' dari FIFA, Maarten Paes memenuhi syarat untuk bermain untuk tim nasional Indonesia di babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026 di Asia," tulis Bongda24h dikutip pada Senin (19/8/2024).

Baca Juga: Statistik Gacor Maarten Paes Jelang Perkuat Timnas Indonesia, Berapa Kali Kebobolan?

Kepastian itu membuat Maarten Paes kini telah resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia diberbagai ajang dengan terdekat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kiper keturunan Belanda milik klub Major League Soccer (MLS), FC Dallas itu sebelumnya dianggap tak memenuhi syarat perubahan asosiasi oleh FIFA. Hal itu karena dirinya pernah membela Belanda U-21 saat usianya menginjak 22 tahun.

Setelah menunggu empat bulan sejak dinaturalisasi pada April 2024, Paes kini dipastikan memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia.

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (Instagram/maartenpaes)Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (Instagram/maartenpaes)

Bongda24h menjelaskan bahwa kehadiran kiper dengan tinggi 1,91 meter itu akan menambah kuat pertahanan tim asuhan Shin Tae-yong.

Meski demikian, kehadiran kiper 26 tahun itu dinilai tidak serta merta membuat Timnas Indonesia bisa bersaing dengan lawan-lawannya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Hitung-hitungan Nasib Ernando Ari Setelah Ada Maarten Paes, Otomatis Terbuang dari Timnas Indonesia?

Sebagai informasi, skuad Garuda tergabung bersama tim-tim kuat yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Andai lengah dan tidak menggelar persiapan yang bagus, Timnas Indonesia diprediksi media Vietnam bakal menjadi bulan-bulanan di Grup C.

"Pada babak kualifikasi ini, pelatih Shin Tae Yong beserta anak asuhnya terjerumus ke dalam grup yang sangat sulit karena harus berhadapan dengan tiga mantan juara Asia, yakni Jepang, Australia, dan Arab Saudi," tulis Bongda24h.

"Dua lawan tersisa yang akan dihadapi Garuda di Grup C adalah Bahrain dan China."

"Secara keseluruhan, ini akan menjadi tantangan berat bagi Indonesia. Dan jika persiapan mereka tidak matang, besar kemungkinan mereka akan menjadi 'gudang poin' di grup tersebut."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #media #vietnam #ingatkan #timnas #indonesia #maarten #paes #jamin #sukses #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR