Rekor 'Gila' Yeom Ki-hun, Pelatih Striker Timnas Indonesia saat Masih Aktif Bermain: Ratusan Gol dan Assist
Yeom Ki-hun akan bantu Shin Tae-yong di timnas Indonesia sebagai pelatih striker. (X @KORFootballNews)
14:24
6 Agustus 2024

Rekor 'Gila' Yeom Ki-hun, Pelatih Striker Timnas Indonesia saat Masih Aktif Bermain: Ratusan Gol dan Assist

Nama Yeom Ki-hun mencuat karena dikabarkan akan membantu Shin Tae-yong melatih striker di timnas Indonesia.

Lini serang timnas Indonesia berpotensi mengganas karena Shin Tae-yong mengajak kompatriotnya untuk menjadi pelatih striker. Ia adalah Yeom Ki-hun.

Kabar Yeom Ki-hun bakal membantu Shin Tae-yong dilaporkan oleh media Korea Selatan, Chosun Sports.

"Yeom Ki-hun akan bergabung dengan timnas Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong sebagai seorang pelatih striker," tulis laporan tersebut.

Baca Juga: Harga Pasar Justin Hubner Lebih Tinggi dari 13 Pemain Klub Swedia IFK Norrkoping

"Yeom Ki-hun menerima tawaran melatih dari Shin Tae-yong bulan lalu dan memikirkannya berulang kali. Ia menerima posisi ini karena keseriusan Shin Tae-yong dan potensi sepak bola Indonesia," sambungnya.

Pelatih striker baru ini dikatakan akan ke Indonesia bersama Shin Tae-yong pada Agustus 2024 untuk persiapan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Yeom Ki-hun, dikabarkan jadi pelatih striker baru untuk Timnas Indonesia (@kihun_yeom_26)Yeom Ki-hun, dikabarkan jadi pelatih striker baru untuk Timnas Indonesia (@kihun_yeom_26)

Lantas bagaimana karier pelatih berusia 41 tahun ini ketika masih aktif bermain?

Yeom Ki-hun menjadi pesepak bola profesional sejak musim 2005/2006 bersama Jeonbuk Hyundai Motors.

Ia menghabiskan kariernya di sepak bola Korea Selatan. Selain bermain dengan Jeonbuk, ia pernah berseragam Ulsan Hyundai, Suwon Bluewings, dan Police FC.

Baca Juga: Kaget dengan Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Media China: Timnas Indonesia Berkembang Pesat

Yeom Ki-hun pensiun pada Januari 2024 di Bluewings. Pemain yang punya posisi natural sebagai winger kiri ini cukup produktif ketika masih aktif menjadi pemain.

Dari catatan Transfermarkt, Yeom Ki-hun sudah tampil sebanyak 546 pertandingan dengan koleksi 103 gol dan sumbangan 131 assist.

Di lebel internasional, ia memiliki 57 caps bersama Korea Selatan dengan mengoleksi lima gol.

Untuk prestasinya, Yeom Ki-hun pernah menjadi top skor pada musim 2007/2008. Ia pernah juara AFC Champions bersmaa Jeonbuk Hyundai Motors.

Kemudian juara tiga kali Liga Korea Selatan bersama Suwon Samsung Bluewings dan mengantarkan Korea Selatan meraih trofi EAFF pada 2016/2017.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #rekor #gila #yeom #pelatih #striker #timnas #indonesia #saat #masih #aktif #bermain #ratusan #assist

KOMENTAR