3 Fakta Pelatih Thailand U-19 Lawan Indra Sjafri: Eks Rekan Hidetoshi Nakata
3 Fakta Pelatih U-19 Thailand Lawan Indra Sjafri: Eks Rekan Hidetoshi Nakata [Facebook]
10:06
29 Juli 2024

3 Fakta Pelatih Thailand U-19 Lawan Indra Sjafri: Eks Rekan Hidetoshi Nakata

Final Piala AFF U-19 2024 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vs Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024) pukul 19:30 WIB.

Laga final nanti malam bakal menjadi ajang adu taktik antar dua pelatih, Indra Sjafri vs Emerson Pereira. Jelang lawan Thailand U-19 di final, coach Indra mengatakan sangat bersyukur dan ia berharap memori indah pada 2013 kembali tercipta.

"Saya bersykur kita bisa ke final. Seperti yang disampaikan kemarin, ini final kedua saya di Jawa Timur dan mudah-mudahan Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri tidak permasalahkan lawan di babak semifinal (pssi.org)Indra Sjafri tidak permasalahkan lawan di babak semifinal (pssi.org)

Sementara itu, pelatih Thailand U-19 Eduardo Pereira Da Silva mengaku timnya sedikit menerima keberuntungan karena bisa menang melawan Australia dengan skor 1-0.

Baca Juga: Sosok Ini Jadi Penentu! 4 Alasan Timnas Indonesia Bisa Juara Piala AFF U-19 2024 Hari Ini

"Saya sangat bangga dengan para pemain saya. Mereka berjuang keras hari ini. Sedikit beruntung. Namun, mereka berjuang selama hingga akhir. Jadi, saya sangat bangga," kata Eduardo Pereira.

Sosok pelatih Emerson Pereira sudah cukup lama mengenal sepak bola Thailand. Semenjak pensiun sebagai pemain, Emerson melanjutkan karier sebagai pelatih.

Sempat menjadi asisten pelatih di Corinthians dan Sao Paulo, Emerson pada 2019 sudah merasakan kompetisi Liga Thailand dengan gabung ke Chiangrai United.

Setelah itu, ia menjadi pelatih kepala hingga akhirnya dilirik oleh PSSI-nya Thailand untuk menjadi pelatih tim U-19 dan U-20 pada 2023.

Secara statistik, Emerson seperti dikutip dari data Transfermarkt telah melakoni 98 pertandingan sebagai pelatih di semua level kompetisi.

Baca Juga: Kisah Era Kejayaan Evan Dimas Juara Piala AFF U-19 2013, Hingga Indra Sjafri Cetak Sejarah di Jawa Timur

Dari 98 laga itu, ia mencetak 44 kali kemenangan, 22 hasil imbang dan 32 kali kalah. Dari 98 caps itu, tim yang dilatih oleh Emerson mencetak 159 gol dan kebobolan sebanyak 131 kali.

Selain catatannya sebagai pelatih yang cukup impresif, ada fakta lain soal pelatih U-19 Thailand ini, apa saja? Berikut ulasannya

Awal Karier di Sao Paulo

Sebagai pemain, Emerson mengawali kariernya di salah satu klub raksasa Liga Brasil, Sao Paulo pada 1995/1996. Di awal kariernya ini, Emerson satu tim dengan sejumlah pemain beken Brasil, seperti Edmilson, Juliano Belletti, dan Serginho.

Rekan Satu Tim Hidetoshi Nakata

Emerson yang berposisi striker saat masih jadi pemain ternyata pernah bermain di pentas Serie A Italia.

Pada musim 1999, Emerson direkrut oleh salah satu kontestan Serie A Italia, Perugia. Saat itu Perugia rekrut Emerson dari klub Cile, Colo-Colo.

Hidetoshi Nakata. (Shutterstock)Hidetoshi Nakata. (Shutterstock)

Di Perugia, Emerson menjadi rekan satu tim legenda Jepang, Hidetoshi Nakata. Dari catatan Soccerway, Emerson memiliki caps 2 kali bersama Perugia di pentas Serie A Italia.

Berkarier di Liga Israel

Karier Emerson hanya semusim di Serie A Italia, ia pindah dari Perugia dan direkrut oleh klub Liga Israel, Maccabi Haifa.

Kariernya pun di Israel tak bertahan lama, ia kemudian pulang ke Brasil dan membela klub Corinthians. Kariernya sebagai pemain terhenti pada 2005 di klub di Cile, Union Espanola.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #fakta #pelatih #thailand #lawan #indra #sjafri #rekan #hidetoshi #nakata

KOMENTAR