Profil Juan Torres Garrido, Pelatih Timnas Malaysia U-19 yang Akan Adu Taktik Lawan Indra Sjafri
Pelatih baru timnas Malaysia U-23 yang menggantikan E. Elavarasan, yakni Juan Torres. (Dok. FAM)
16:06
26 Juli 2024

Profil Juan Torres Garrido, Pelatih Timnas Malaysia U-19 yang Akan Adu Taktik Lawan Indra Sjafri

Mengenal sosok Juan Torres Garrido, pelatih Malaysia U-19 yang akan beradu taktik dengan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, di semifinal Piala AFF U-19 2024.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 dipastikan akan bertemu Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 2024, Sabtu (27/7) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pertemuan ini terjadi usai Timnas Indonesia U-19 dan Malaysia sama-sama finis di peringkat pertama di grup A dan grup C.

Jelang duel ini, nama Juan Torres Garrido menjadi sorotan. Pasalnya, ia berhasil membawa Harimau Malaya muda tampil perkasa di ajang ini.

Baca Juga: Bersinar di Timnas Indonesia U-19, Jens Raven Malah Terancam Disalip Calon Naturalisasi di FC Dordrecht!

Di fase grup Piala AFF U-19 2024 ini, pelatih berusia 44 tahun itu mampu membawa Malaysia U-19 mencetak 17 gol dan kebobolan 1 gol saja dari tiga pertandingan.

Catatan itu mengungguli Timnas Indonesia U-19 yang mencetak 14 gol dan kebobolan 2 gol di grup A, serta Australia yang mencetak 13 gol dan kebobolan 2 gol di grup B.

Dengan catatan yang impresif itu, banyak yang meyakini Juan Torres Garrido bisa membawa Malaysia U-19 mempertahankan gelar Piala AFF U-19.

Lantas, siapakah sosok Juan Torres Garrido tersebut? Bagaimana rekam jejaknya di kancah sepak bola sebelum melatih Malaysia U-19?

Mantan Pencari Bakat Barcelona

Baca Juga: 3 Pemain Malaysia yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-19 di Semifinal Piala AFF U-19 2024

Juan Torres Garrido merupakan seorang pelatih berkebangsaan Spanyol. Ia lahir pada 19 Januari 1980 atau saat ini berusia 44 tahun.

Diketahui, kiprahnya di kancah sepak bola bukanlah sebagai pelatih ataupun pemain. Juan Torres justru mengawali kariernya di lapangan hijau sebagai analis pertandingan.

Juan Torres menjadi analis pertandingan bagi klub lokal Catalan, yakni CF Damm U-19. Di klub itu pula, ia juga sempat menjadi pencari bakat pemain muda, asisten pelatih, dan pelatih tim muda.

Kiprahnya di klub lokal Catalan itu membuat Barcelona kemudian meminangnya untuk menjadi pencari bakat (Scouting) pemain muda pada 2016.

Tercatat Juan Torres menjadi pencari bakat pemain muda bagi Barcelona selama empat tahun lamanya, sebelum akhirnya ia merapat ke klub La Liga lainnya, Granada, pada tahun 2021.

Di Granada, Juan Torres sempat menjadi pelatih akademi sekaligus pencari bakat bagi tim yang bermarkas di Los Carmenes tersebut hingga 2022.

Usai bekerja di Granada, Juan Torres kemudian melanjutkan kiprahnya ke Asia Tenggara dengan menjadi asisten pelatih Malaysia U-22 dan U-23 arahan Elangowan Elavarasan.

Juan Torres tak terhitung lama menjadi asisten pelatih. Usai Elavarasan dipecat oleh FAM, ia naik jabatan sebagai pelatih Malaysia kelompok umur.

Tugas pertamanya sebagai pelatih adalah menangani Malaysia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, Juan Torres tak bisa membawa Harimau Malaya muda meraih satu poin pun.

Setelahnya, Juan Torres dipercaya menjadi pelatih Malaysia U-19 dan U-20 yang berjuang di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Di Piala AFF U-19 2024 ini, racikannya bersama Malaysia U-19 terbilang mumpuni dengan meraih 2 kemenangan dan 1 hasil imbang dari tiga laga serta mencetak 17 gol dan kebobolan 1 gol saja.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #juan #torres #garrido #pelatih #timnas #malaysia #yang #akan #taktik #lawan #indra #sjafri

KOMENTAR