Siapa Jhonattan Limbu Penyerang Berpaspor Indonesia yang Main di Liga Hong Kong?
Pemain Sham Shui Po berpaspor Indonesia, Jhonattan Limbu. (Instagram/@jhonattangillies)
15:18
24 Juli 2024

Siapa Jhonattan Limbu Penyerang Berpaspor Indonesia yang Main di Liga Hong Kong?

Mengenal lebih jauh sosok Jhonattan Limbu, pemain Indonesia yang kini bermain di Hong Kong bersama tim kasta kedua, Sham Shui Po.

Nama Jhonattan Limbu sempat menjadi perbincangan medio 2023 lalu usai dirinya bergabung Sham Shui Po yang berlaga di kasta teratas.

Saat itu, Jhonattan Limbu bergabung pada usia yang amat belia, yakni 17 tahun, usai sebelumnya bermain di kompetisi pemain muda Hong Kong.

Karena bergabung di usia muda, pemain yang kini berusia 18 tahun itu secara perlahan diintegrasikan ke tim utama Sham Shui Po.

Baca Juga: Indonesia Juara AFF Cup 2024? Media Vietnam Sebut STY akan Lakukan Trik

Hingga saat ini, dirinya baru tampil sebanyak tiga kali bagi klub tersebut dengan total menit bermain selama 19 menit di berbagai ajang.

Meski kesempatan yang didapatkannya terbilang minim pada musim 2023/2024 lalu, Jhonattan Limbu berpotensi tampil reguler pada musim 2024/2025 mendatang.

Pasalnya, Sham Shui Po baru saja degradasi ke kasta kedua, yang membuat Jhonattan Limbu berpotensi mendapat jam terbang mumpuni ketimbang musim sebelumnya.

Terlepas dari kiprah timnya, menarik untuk mengupas lebih dalam soal Jhonattan Limbu. Seperti apa profil dan rekam jejaknya?

Keturunan Indonesia-Nepal

Baca Juga: Bek Rp 3 Miliar Timnas Indonesia U-19 Produktif Cetak Gol, Bersaing di Daftar Top Skor Piala AFF U-19 2024

Pemain Sham Shui Po asal Indonesia,  Jhonattan Limbu. (Instagram/@hksspfc)Pemain Sham Shui Po asal Indonesia, Jhonattan Limbu. (Instagram/@hksspfc)

Diketahui, Jhonattan Limbu lahir dari pernikahan antar-ras, di mana sang ibu merupakan orang Indonesia dan sang ayah merupakan orang Nepal.

Meski begitu, Jhonattan Limbu ternyata lahir di Indonesia, tepatnya di Kediri, Jawa Timur, pada 28 Oktober 2005 silam.

Tak banyak informasi mengenai sepak terjangnya di Indonesia. Hanya saja, Jhonattan Limbu memulai karier sepak bolanya di Hong Kong.

Diyakini, karier sepak bolanya bermula di Hong Kong karena mengikuti kedua orang tuanya yang kemungkinan bekerja di negara tersebut.

Karier sepak bola Jhonattan Limbu bermula di HKFC Youth, sebuah program sepak bola di Hong Kong yang menampung anak-anak dari rentang usia 4 hingga 18 tahun.

Program tersebut diketahui merupakan wadah bagi banyak pemain muda yang ingin menapaki karier di sepak bola, entah itu di kompetisi lokal maupun internasional.

Diketahui, Jhonattan Limbu menimba ilmu di HKFC Youth hingga 2023 lalu dan kemudian melanjutkan kariernya di Club Colts yang merupakan tim amatir.

Baru setelahnya bakatnya tercium oleh Sham Shui Po yang merekrutnya pada awal musim 2023/2024 lalu.

Saat direkrut oleh Sham Shui Po, diketahui Jhonattan Limbu tengah mengajukan paspor SAR atau paspor wilayah administratif khusus Hong Kong.

Alhasil, ada kemungkinan Jhonattan Limbu akan melepas paspor Indonesia yang dimilikinya, karena Hong Kong tak mengakui kewarganegaraan ganda.

Kontributor: Felix Indra Jaya 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #jhonattan #limbu #penyerang #berpaspor #indonesia #yang #main #liga #hong #kong

KOMENTAR