Jadi Kapten Tim, Bek Kiri Timnas Indonesia U-16 Andalan Nova Arianto Raih Juara di Australia
Bek kiri Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, juara di Australia. (Dok. Footballaus)
13:48
22 Juli 2024

Jadi Kapten Tim, Bek Kiri Timnas Indonesia U-16 Andalan Nova Arianto Raih Juara di Australia

Usai Lucas Lee yang berhasil menjuarai Gothia Cup, ada anak asuh Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16 yang meraih gelar juara di luar negeri, yakni Matthew Baker.

Pemain yang akrab disapa Mat Baker ini berhasil meraih gelar juara di Australia, tepatnya di ajang National Youth Championship 2024 di Wollongong, New South Wales.

Mat Baker berhasil meraih juara bersama timnya, Victoria Blue, usai mengandaskan perlawanan South Australia di final National Championship Youth kategori U-15.

Pada laga final yang dihadiri pelatih Australia, Graham Arnold tersebut, Mat Baker tampil dengan ban kapten yang melingkar di lengannya.

Baca Juga: Siapa Marcus James Younis? Kapten Australia yang Heran Ada Pohon di Tribune Stadion 10 November

Keberhasilan ini pun membuat Mat Baker meraih gelar juara menyusul pencapaian rekan setimnya di Timnas Indonesia U-16, yakni Lucas Lee.

Sebelumnya, Lucas Lee berhasil membawa timnya, NorCal PDP, menjuarai Gothia Cup U-16 2024 juga dengan status sebagai kapten tim.

Keberhasilan dua pemain ini meraih gelar juara di ajang bergengsi bisa menjadi suntikan moril untuk Timnas Indonesia U-16 arahan Nova Arianto.

Pasalnya dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-16 akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Rencananya, babak kualifikasi itu akan digelar pada Oktober mendatang.

Timnas Indonesia U-16 sendiri tergabung di grup sulit pada babak kualifikasi itu, yakni grup G bersama dengan Australia, tuan rumah Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-19 2024: Myanmar Diimbangi Laos, Australia Resmi ke Semifinal

Kemungkinan besar, Nova Arianto akan mengandalkan para pemain yang diandalkannya di Piala AFF U-16 2024 lalu, termasuk Mat Baker dan Lucas Lee.

Mat Baker sendiri menjadi salah satu pemain yang diandalkan Nova Arianto pada Piala AFF U-16 2024 lalu, dengan total empat penampilan.

Pemain kelahiran Melbourne ini menjadi pilihan utama Nova Arianto di lini pertahanan, entah itu sebagai bek kiri ataupun sebagai bek tengah.

Dari empat penampilannya di Piala AFF U-16 2024 itu, Mat Baker mampu mencatatkan satu assist kala Timnas Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jadi #kapten #kiri #timnas #indonesia #andalan #nova #arianto #raih #juara #australia

KOMENTAR