Apa Itu Copa Tejas? Trofi yang Baru Saja Dimenangkan Maarten Paes Bersama FC Dallas
Maarten Paes. (Dok. Dallas FC)
20:12
18 Juli 2024

Apa Itu Copa Tejas? Trofi yang Baru Saja Dimenangkan Maarten Paes Bersama FC Dallas

Calon penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes, baru saja meraih gelar juara di ajang Copa Tejas 2024 bersama FC Dallas. Hasil ini diraih setelah mereka menang atas Austin FC.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Toyota Stadium, Kamis (18/7/2024) siang WIB, Maarten Paes dan kawan-kawan sukses membawa FC Dallas menang 3-1 atas Austin FC untuk meraih gelar juara Copa Tejas 2024.

Seperti momen-momen biasanya, Maarten Paes mendapatkan kesempatan untuk turun sebagai starter pada pertandingan itu. Kiper berusia 26 tahun itu pun mampu menampilkan permainan sempurna.

Sepanjang pertandingan, kiper kelahiran Belanda itu pun tampil apik. Pemain yang baru menjalani proses naturalisasi untuk menjadi WNI itu melakukan tiga penyelamatan dalam pertandingan ini.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Unik! Iqbal Gwijangge Bikin Para Pemain Filipina Saling Menyalahkan!

Lalu, apa sih sebetulnya Copa Tejas 2024? Bagaimana latar belakang kejuaraan yang sukses dimenangkan oleh Maarten Paes dan kawan-kawan tersebut? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Mengenal Copa Tejas

Copa Tejas merupakan dua kompetisi piala dan satu perisai antara tim Major League Soccer (MLS), USL Championship, dan NWSL di negara bagian Texas, yang diberikan oleh kelompok suporter independen tim negara bagian.

Kejuaraan ini memberikan anugerah trofi Divisi 1 untuk tim yang berasal dari Major League Soccer (MLS), trofi Divisi kedua untuk tim USL Championship, dan Perisai Copa Tejas untuk tim terbaik di antara semua peserta.

Klub Major League Soccer saat ini yang berpartisipasi ialah Austin FC, FC Dallas, dan Houston Dynamo FC. Sementara itu, peserta dari USL Championship ialah Lokomotif El paso FC dan San Antonio FC.

Baca Juga: Kembali akan Dipinjamkan Ipswich Town, 2 Klub Inggris Minati Elkan Baggott

Kejuaraan ini pertama kali digelar pada 2019 dan saat itu dimenangkan oleh Austin Bold FC. Jika merujuk rekam jejak sejarahnya, turnamen ini sudah berusia lima tahun.

Pada mulanya, San Antonio FC dan Rio Grande Valley FC, yang sama-sama berkompetisi di USL Championship 2016 hingga 2023, mengadu rivalitas antara keduanya dengan tajuk The South Texas Derby.

Copa Tejas diinisiasi oleh kelompok suporter dari San Antonio FC untuk menentukan tim yang yang paling bagus di Texas. Austin FC dan FC Dallas menjadi dua peserta yang paling sukses di ajang Copa Tejas.

Sebab, keduanya sudah sama-sama dua kali meraih gelar di ajang ini. Austin FC menjuarainya pada 2022 dan 2023, sedangkan FC Dallas meraihnya pada edisi 2021 dan 2024.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #copa #tejas #trofi #yang #baru #saja #dimenangkan #maarten #paes #bersama #dallas

KOMENTAR