Cuma 4 Pelatih Lokal di Liga 1 2024/2025, Bersaing di Tengah Dominasi Asing
Widodo C Putro. [ANTARA/HO-MO Arema FC]
07:36
10 Juli 2024

Cuma 4 Pelatih Lokal di Liga 1 2024/2025, Bersaing di Tengah Dominasi Asing

Liga 1 2024/2025 siap bergulir pada Agustus nanti dan bakal jadi musim yang cukup berbeda dengan peningkatan jumlah pemain dan dominasi pelatih asing.

Dari 18 klub peserta Liga 1 musim depan, 14 akan dikomandoi oleh pelatih asing. Karena itu, cuma ada empat pelatih lokal yang akan bersaing dalam kompetisi Liga 1 2024/2025.

Imran Nuhumarury

Imran Nahumarury, pelatih berusia 45 tahun, akan menangani Malut United, tim promosi Liga 1.

Baca Juga: Catatan Menarik dari Agresivitas PSBS dan Malut United di Bursa Transfer Liga 1

Meskipun relatif muda, Imran memiliki pengalaman luas dalam sepak bola Indonesia.

Sebagai mantan pemain, ia dikenal sebagai gelandang serang dengan visi permainan yang brilian, bermain untuk klub-klub besar seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta, bahkan Timnas Indonesia.

Meski baru dalam kepelatihan, Imran telah membuktikan kemampuannya dengan membawa Malut United promosi ke Liga 1.

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan, pelatih berpengalaman Tanah Air, akan memimpin skuad Barito Putera. Berusia 57 tahun, RD memiliki pengalaman panjang sejak musim 2000/2001 di Liga Indonesia.

Baca Juga: Liga 1 2024/2025 Full Pakai VAR, Ini 4 Insiden yang Bisa Ditinjau

RD memiliki karier cemerlang dengan melatih banyak klub besar di Indonesia, bahkan juga sempat menukangi Terengganu FC di kompetisi Malaysia.

Widodo C Putro

Widodo C Putro, pelatih berusia 53 tahun, kini akan menangani Madura United di Liga 1 2024/2025.

Sebagai legenda sepak bola Indonesia, Widodo telah memperkuat klub-klub seperti Persija Jakarta dan Petrokimia Putra, serta bermain untuk Timnas Indonesia.

Sebagai pelatih, Widodo juga memiliki pengalaman luas, termasuk sebagai asisten Rahmad Darmawan di Timnas Indonesia U-23 dan mengelola klub seperti Bali United dan Bhayangkara FC.

Ia juga sukses menyelamatkan Arema FC dari degradasi pada musim 2023/2024 lalu.

Musim ini, Widodo dihadapkan pada tugas berat membangun kembali Madura United, yang kehilangan banyak pemain kunci dan akan berlaga di AFC Challenge Cup.

Hendri Susilo

Hendri Susilo, pelatih berusia 58 tahun, akan memimpin tim promosi Semen Padang di Liga 1 2024/2025, di tengah dominasi pelatih asing.

Hendri memiliki pengalaman luas dalam sepak bola Indonesia, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Sebagai pemain, ia bermain untuk PSP Padang, Pelita Jaya, Petrokimia Putra, dan Persija Jakarta, serta membela Timnas Indonesia.

Sebagai pelatih berlisensi AFC Pro, Hendri telah memimpin berbagai klub termasuk Persija Jakarta, Persisam Putra Samarinda, dan Sriwijaya FC.

Ia berhasil membawa Persiraja Banda Aceh promosi ke Liga 1 dan pernah menangani Semen Padang, PSBS Biak, serta Timnas Indonesia U-18.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #cuma #pelatih #lokal #liga #20242025 #bersaing #tengah #dominasi #asing

KOMENTAR