Ikuti Jejak Tim Geypens, Satu Lagi Calon Pemain Timnas Indonesia Resmi Gabung Klub Kasta Kedua Belanda
Kaya Simons resmi bergabung De Graafschap. (Instagram/@kayasymons)
16:06
8 Juli 2024

Ikuti Jejak Tim Geypens, Satu Lagi Calon Pemain Timnas Indonesia Resmi Gabung Klub Kasta Kedua Belanda

Pemain keturunan Indonesia, Kaya Symons, resmi bergabung klub kasta kedua Belanda, De Graafschap, pada musim panas 2024 ini.

Kabar bergabungnya Kaya Symons ke De Graafschap sendiri diketahui dari unggahannya di media sosial Instagram, yakni @kayasymons.

Dalam unggahan terbarunya, pemain berusia 19 tahun ini tampak tengah berfoto dengan memamerkan jersey De Graafschap.

“Langkah selanjutnya,” tulis pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu saat mengkonfirmasi kepindahannya ke De Graafschap.

Baca Juga: Sebenarnya Timnas Indonesia Bisa Sikat China dengan Mudah di Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena 2 Hal Ini

Kepindahan ini otomatis mengakhiri 10 tahun perjalanan Kaya Symons yang telah bermain bagi Vitesse Arnhem sejak tahun 2014.

Di sisi lain, kepindahan ini juga membuat Kaya Symons mengikuti jejak pemain keturunan lainnya, Tim Geypens, yang berpindah tim dari klub kasta teratas ke klub kasta kedua pada musim panas 2024 ini.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Tim Geypens baru saja menuntaskan kepindahannya ke FC Emmen setelah sebelumnya membela FC Twente.

Belum diketahui apakah Kaya Symons akan tampil di tim utama atau tim U-21 De Graafschap untuk musim 2024/2025 mendatang.

Hanya saja jika melihat dari laman Transfermarkt, Kaya Symons nantinya akan bermain bersama tim akademi atau tim U-21 De Graafschap.

Baca Juga: Habis Operasi Besar Pleuritis, Berat Badan Shin Tae-yong Turun 5 Kg

Teka-teki Kaya Symons Bela Indonesia

Nama Kaya Symons sempat menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air beberapa waktu silam, saat dirinya bersua dengan pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri.

Saat itu, Kaya Symons digadang-gadang akan menjadi salah satu pemain yang masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk berlaga di Toulon Cup atau Turnamen Maurice Revello.

Namun, Kaya Symons beserta pemain keturunan lainnya yang bertemu Indra Sjafri, Xavi Woudstra, tak kunjung bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

Alhasil, Kaya Symons pun urung membela Timnas Indonesia. Hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai keputusannya membela Merah Putih atau tidak.

Sekadar informasi tambahan, Kaya Symons dianggap sebagai pemain keturunan Grade A karena dirinya berstatus penggawa Timnas Belanda kelompok umur.

Tercatat Kaya Symons telah menjadi andalan Timnas Belanda kelompok umur dari U-15 hingga U-19 dengan total enam penampilan di segala ajang.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #ikuti #jejak #geypens #satu #lagi #calon #pemain #timnas #indonesia #resmi #gabung #klub #kasta #kedua #belanda

KOMENTAR