Perbandingan Gaji Pelatih 4 Tim Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Setara Pelatih Jepang
Shin Tae-yong di tengah-tengah kegembiraan lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
17:06
2 Juli 2024

Perbandingan Gaji Pelatih 4 Tim Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Setara Pelatih Jepang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapatkan gaji yang termasuk kecil jika dibandingkan dengan pelatih-pelatih yang bertugas bersama peserta Grup C Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebab, nominal upah yang diperoleh Shin Tae-yong dari tugasnya mengasuh Timnas Indonesia termasuk kecil apabila disandingkan dengan deretan pelatih berkaliber dunia lainnya yang bakal bersaing di Grup C di ajang ini.

Sebagai informasi, upah yang diterima Shin Tae-yong dari PSSI ialah sekitar 1 juta dollar AS untuk setahun. Jika dikonversi ke rupiah, angka yang diperoleh juru taktik asal Korea Selatan itu mencapai Rp15,7 miliar.

Jumlah ini memang bukanlah yang terkecil dibandingkan pelatih peserta Grup C lainnya. Sebab, pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, ternyata juga mendapatkan nominal yang sama dari Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Baca Juga: Thom Haye Singgung Taktik Jadul Timnas Indonesia vs Cara Main Shin Tae-yong: Kini Ubah Pola Pikir...

Hajime Moriyasu yang memiliki kejeniusan dalam aspek taktikal ini juga dibayar dengan upah sebesar 1 juta dollar AS. Angka ini sama seperti bayaran yang didapatkan Shin Tae-yong, yakni Rp15,7 miliar per tahun.

Selanjutnya, ada pelatih Timnas China, Branko Ivankovic, yang mendapatkan bayaran lebih banyak dua kali lipat dari kedua pelatih tersebut. Dia menerima 2,2 juta dollar AS atau setara dengan Rp3,6 miliar untuk setiap tahunnya.

Sementara itu, pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, malah mendapat upah yang jauh lebih besar. Angkanya bisa mencapai enam kali lipat dari gaji yang diterima Shin Tae-yong maupun Hajime Moriyasu.

Tercatat, Graham Arnold dibayar sebesar enam juta dollar AS per tahunnya dari Federasi Sepak Bola Australia. Angka ini termasuk besar karena jika dikonversi nominalnya setara dengan Rp98,18 miliar.

Adapun pelatih dengan gaji termahal dari peserta Grup C ini ialah Roberto Mancini. Sebagai pelatih kelas elite dari Eropa, dia menerima upah yang sangat fantastis dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Alasan STY Menumpuk Pemain Belakang Juga Terjawab di Laga Semifinal Piala AFF U-16

Untuk setiap musimnya, dia mendapatkan upah sebesar 30 juta euro. Apabila angka ini dikonversi ke rupiah, nominalnya setara dengan Rp496 miliar.

Daftar Gaji Pelatih Peserta Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

- Hajime Moriyasu (Timnas Jepang): 1 juta dollar AS per tahun (Rp15,7 miliar)

- Graham Arnold (Timnas Australia): 6 juta dollar AS per tahun (Rp98,18 miliar)

- Roberto Mancini (Timnas Arab Saudi): 30 juta euro per tahun (Rp496 miliar)

- Dragan Talajic (Timnas Bahrain): (Tak dipublikasikan)

- Branko Ivankovic Timnas China): 2,2 juta dollar AS per tahun (Rp3,6 miliar)

- Shin Tae-yong (Timnas Indonesia): 1 Juta dollar AS per tahun (Rp15,7 miliar)

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #gaji #pelatih #grup #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #shin #yong #setara #pelatih #jepang

KOMENTAR