Haram Remehkan Timnas Indonesia, Pelatih China: Tak Ada Tim Lemah di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia
Pelatih Timnas China, Branko Ivankovic memimpin timnya bertanding di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Jung Yeon-je / AFP]
19:24
28 Juni 2024

Haram Remehkan Timnas Indonesia, Pelatih China: Tak Ada Tim Lemah di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia

Pelatih Timnas China, Branko Ivankovic bicara peta kekuatan Round 3 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Grup yang juga dihuni Timnas Indonesia ini dilabeli 'grup neraka'

Branko Ivankovic mengakui bahwa Timnas China telah masuk ke grup terberat dari tiga grup yang ada di putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia.

The Dragon Team --julukan Timnas China-- akan bertarung melawan tiga raksasa Asia langganan Piala Dunia, Jepang, Australia dan Arab Saudi di Grup C ini.

Tak ketinggalan, ada Bahrain yang dua kali nyaris lolos ke Piala Dunia, mereka dua kali kalah di play-off antarkonfederasi. Juga ada Timnas Indonesia yang sedang naik daun belakangan ini bersama pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga: Tanpa Ragu, Pelatih Australia Pede Tumbangkan Timnas Indonesia Dua Kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tak disangkal, grup ini merupakan grup maut. Timnas Indonesia, yang sebelumnya belum pernah menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, disebut-sebut sebagai tim terlemah di Grup C ini.

Akan tetap, juru taktik China tak sependapat.

“Ya, ini adalah undian yang sulit bagi kami. Ini adalah grup tersulit dibandingkan Grup A dan B, tak ada keraguan," kata Ivankovic seperti dilansir media China, Xinhua News Agency, Jumat (28/6/2024).

"Namun, ini adalah sesuatu yang kami harapkan karena kami berada di pot kelima (pada drawing) dan kami tahu bahwa kami tidak dapat menemukan tim yang lemah,” sambung pelatih asal Serbia itu.

"Timnas Indonesia dari pot 6 juga sama sekali tak lemah. Kami tak akan menganggap enteng. Dari 18 tim di putaran ketiga (Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia) ini, tak ada tim yang lemah," tegasnya.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia

Dua tim teratas setiap grup akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan melaju ke babak kualifikasi berikutnya dalam dua grup yang terdiri dari tiga tim dalam format satu putaran. Kedua juara grup akan mendapatkan tempat ke Piala Dunia 2026.

Dua tim peringkat kedua di babak keempat ini akan bermain satu sama lain dua kali untuk mendapatkan hak mencapai play-off antarbenua dan bersaing memperebutkan tiket terakhir yang tersedia.

Timnas China sendiri akan duel menghadapi Timnas Indonesia di Grup C pada 15 Oktober 2024 mendatang. The Dragon Team akan bertindak sebagai tuan rumah.

Timnas Indonesia kemudian akan gantian menjamu China pada pertandingan yang digelar 5 Juni 2025 di kandang skuad Garuda.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #haram #remehkan #timnas #indonesia #pelatih #china #lemah #round #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR