Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka, Asisten Pelatih Ingatkan 'Keajaiban' Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberi instruksi di pinggir lapangan dalam matchday ketiga atau terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Yordania U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024) malam WIB. [PSSI]
00:54
28 Juni 2024

Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka, Asisten Pelatih Ingatkan 'Keajaiban' Shin Tae-yong

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Choi In-cheul mengakui skuad Garuda masuk grup sulit pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski demikian, dia mengingatkan bahwa tim Merah Putih punya "keajaiban" bernama Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C pada putaran ketiga. Hal itu diketahui dari hasil drawing yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) siang WIB.

Skuad Garuda akan berjibaku dengan tim-tim kuat yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Choi In-cheul mengakui Timnas Indonesia masuk "grup neraka". Namun, berkaca performa skuad Garuda bersama Shin Tae-yong, dia optimis menatap putaran ketiga.

Baca Juga: Masuk Grup Neraka, Bagaimana Peluang Indonesia Lolos dari Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Dia meyakini bahwa "keajaiban" Shin Tae-yong dapat membawa Timnas Indonesia mendapat hasil baik di putaran ketiga Piala Dunia 2026.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Choi In-cheul dalam jumpa pers sehari jelang laga melawan UEA (dok. PSSI).Asisten pelatih Timnas Indonesia, Choi In-cheul dalam jumpa pers sehari jelang laga melawan UEA (dok. PSSI).

“Lima tahun terakhir sangat bermanfaat di bawah (pelatih kepala) Shin Tae-yong dan tim telah bekerja dengan sangat baik di bawah kepemimpinannya," kata Choi dikutip dari laman resmi AFC, Kamis (27/6/2024).

"Hasil drawing yang sulit diperkirakan akan terjadi dan saat ini kami hanya ingin fokus menjaga momentum dan bergerak maju.”

Skuad Garuda merupakan satu-satunya tim Asia Tenggara (ASEAN) di putaran ketiga ini. Timnas Indonesia pun tercatat jadi negara dengan Ranking FIFA terendah di Grup C.

Timnas Indonesia diketahui menduduki peringkat 134 dunia. Terpaut jauh dengan Jepang di urutan 17, Australia di peringkat 23, Arab Saudi (56), Bahrain di ranking 81, dan China di 88 dunia.

Baca Juga: Kekuatan 5 Lawan Timnas Indonesia di Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2024, Mengerikan!

Sebagai informasi, 18 tim dibagi ke dalam tiga grup pada putaran ketiga. Masing-masing tim yang finis dua besar mendapat tiket otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sementara tim yang finis ketiga dan keempat di masing-masing grup putaran ketiga bakal mendapat tiket ke putaran keempat.

Perlu diketahui, Shin Tae-yong telah membawa banyak perubahan positif bagi Timnas Indonesia sejak memimpin tim mulai 2020.

Dia membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sejak kali terakhir Garuda melakukannya pada 2007.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga merupakan pencapaian besar bagi Shin Tae-yong mengingat Timnas Indonesia tak pernah mencapai fase itu sebelumnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #masuk #grup #neraka #asisten #pelatih #ingatkan #keajaiban #shin #yong

KOMENTAR