Tiga Kali Beruntun Tim ASEAN Bersua Jepang dan Arab Saudi di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Netizen: Setingan?
Timnas Indonesia merayakan bersama suporter usai lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (pssi.org)
17:06
27 Juni 2024

Tiga Kali Beruntun Tim ASEAN Bersua Jepang dan Arab Saudi di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Netizen: Setingan?

Hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru saja keluar, Timnas Indonesia diketahui tergabung dalam Grup C bersama Jepang hingga Arab Saudi.

Berdasar hasil pengundian yang dilakukan di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia yang merupakan satu-satunya wakil ASEAN masuk dalam grup C.

Grup C diisi sejumlah tim langganan Piala Dunia diantaranya Jepang dan Arab Saudi. Selain dua tim kuat itu, tim lainnya yang bakal jadi lawan skuat Garuda yakni Australia, Bahrain serta China.

Hasil drawing itupun menuai sorotan dari publik tanah air mengingat ini untuk ketiga kalinya tim ASEAN secara beruntun selalu berada satu grup bersama Jepang, Australia dan Arab Saudi.

Baca Juga: Segrup dengan Timnas Indonesia, Media Australia: Socceroos di Grup Sulit

Diketahui, Thailand yang menjadi satu-satunya wakil ASEAN pada putaran ketiga Piala Dunia edisi 2018, berada di Grup B bersama dengan Jepang, Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab serta Irak.

Kemudian di edisi Kualifikasi Piala Dunia 2022, giliran Vietnam yang juga menjadi satu-satunya wakil ASEAN lagi-lagi berada satu grup dengan Jepang, Arab Saudi serta Australia di grup B.

Mirisnya, kedua tim tersebut berakhir babak belur.

Thailand tercatat hanya mampu mengemas dua poin dari hasil dua kali main imbang menghadapi Australia dan Uni Emirat Arab.

Sementara Vietnam juga mengalami nasib serupa menjadi juru kunci di Grup B.

Baca Juga: Detik-detik Timnas Indonesia Bantai Bahrain di Jakarta, Si Piton Cetak Gol Indah

Di sisi lain, kembali masuknya tim ASEAN dalam hal ini Timnas Indonesia yang segrup dengan Jepang, Arab Saudi serta Australia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menimbulkan sejumlah spekulasi yang dilontarkan netizen.

Beberapa menduga hal itu setingan.

"Perwakilan Asia Tenggara kalau lolos round 3 pasti segrup sama Jepang, Australia, Arab Saudi. Bisa kalian cek tahun 2018 dan 2022," kata meza.

"Bisa begitu ya? Kenapa tuh?" tanya kholiq.

"Kebetulan apa setingan bang?" tanya iqbal.

Media Vietnam Sudah Prediksi

Sebelumnya, media Vietnam turut menyoroti langkah Timnas Indonesia yang masuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mereka pun sempat memberikan ulasan mengenai skenario lawan yang bakal dihadapi skuat Garuda.

Dalam ulasannya, media Vietnam Thethao247.vn menyebut bahwa skenario tersulit skuat Garuda yakni bertemu dengan Jepang, Australia hingga UEA.

"Skenario tersulit bagi Tim Garuda tergabung dalam satu grup yang terdiri dari Jepang, Australia, Arab Saudi, UEA dan China," tulisnya.

Mereka pun kemudian turut mengulas mengenai perjalanan Vietnam yang segrup dengan Jepang hingga Arab Saudi ketika masuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

"Golden Star Warriors di bawah pelatih Park Hang-seo meraih 4 poin setelah 1 kemenangan melawan China dan 1 kali seri menghadapi Jepang, namun masih menempati peringkat terakhir dalam tabel klasemen," tulisnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #tiga #kali #beruntun #asean #bersua #jepang #arab #saudi #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #netizen #setingan

KOMENTAR