Shin Tae-yong Realistis Soal Peluang Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Tangkapan layar/X]
16:24
27 Juni 2024

Shin Tae-yong Realistis Soal Peluang Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang tidak hadir ke acara drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024).

Meski demikian, juru taktik yang saat ini tengah menjalani perawatan kesehatan di negaranya, Korea Selatan itu sudah menyampaikan komentarnya perihal peluang skuad Garuda di putaran ketiga.

Shin Tae-yong menyampaikan hal itu selepas membawa Timnas Indonesia memastikan lolos ke putaran ketiga setelah mengalahkan Filipina pada 11 Juni lalu.

Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya melangkah ke putaran ketiga sejak format itu diberlakukan pada 2018 usai menjadi runner-up Grup F di putaran kedua.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia vs Jepang: Pasukan Garuda Pernah Bantai Samurai Biru

Kemenangan 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta membuat Garuda finis di bawah Irak dengan koleksi 10 poin.

Meski tampil meyakinkan di putaran kedua, Shin Tae-yong sadar peluang Timnas Indonesia untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026 di putaran ketiga sangat berat.

Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)

Dia pun menjelaskan bahwa secara realistis Timnas Indonesia bisa mengunci tiket ke Piala Dunia 2026 melalui jalur play-off alias kesempatan terakhir.

"Saya rasa kami bisa berjuang untuk posisi 3-4. Dengan begitu, kami juga bisa menargetkan babak keempat. Kami juga memikirkan kemungkinan play-off," kata Shin Tae-yong.

Sebagai informasi, 18 tim dibagi ke dalam tiga grup pada putaran ketiga. Masing-masing tim yang finis dua besar mendapat tiket otomatis ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Siapa Lawan Timnas Indonesia Paling Ringan di Grup Neraka Grup C Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Sementara tim yang finis ketiga dan keempat di masing-masing grup putaran ketiga bakal mendapat tiket ke putaran keempat.

Di putaran keempat, sebanyak enam tim akan dibagi ke dalam dua grup. Masing-masing juara grup lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan runner-up ke putaran kelima.

Di putaran kelima, masing-masing runner-up grup putaran keempat akan diadu untuk mendapatkan satu tiket ke babak play-off di mana mereka akan menghadapi tim-tim dari benua lain yakni Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara dan Oceania.

Timnas Indonesia sendiri masuk Grup C pada putaran ketiga. Mereka akan bersaing dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Di atas kertas, ini merupakan grup neraka di mana Jepang, Australia dan Arab Saudi adalah tim langganan lolos ke Piala Dunia.

Timnas Indonesia juga merupakan tim dengan Ranking FIFA terendah di Grup C yakni 134. Berbanding Jepang (7), Australia (23), Arab Saudi (56), Bahrain (81) dan China (88).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #realistis #soal #peluang #timnas #indonesia #putaran #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR