Timnas Indonesia Turunkan Pemain Muda di Piala AFF 2024, Erick Thohir Singgung 'Kesalahan' Kroasia
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama Dirut PT LIB Ferry Paulus (kiri) menyampaikan konferensi pers terkait perkembangan agenda tim nasional dan Liga Indonesia di Gedung Danareksa, Jakarta, Kamis (20/6/2024). PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengumumkan Liga 1 musim 2024/1025 berlangsung pada 9 Agustus 2024 dengan laga perdana antara Persib Bandung melawan PSBS Biak serta LIB memastikan jadwal telah tersusun sampai tiga musim ke depan dan juga tidak ada bentrok antara
09:42
25 Juni 2024

Timnas Indonesia Turunkan Pemain Muda di Piala AFF 2024, Erick Thohir Singgung 'Kesalahan' Kroasia

Timnas Indonesia kabarnya akan menurunkan pemain-pemain muda di Piala AFF 2024. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut hal ini dilakukan sebagai persiapan regenerasi agar tim Merah Putih tidak bernasib seperti tim nasional Kroasia di Euro 2024.

Erick Thohir menjelaskan amunisi pemain Timnas Indonesia saat ini belum banyak. Jika ada pemain inti yang berhalangan, tim Merah Putih tidak memiliki banyak pengganti yang setara.

Situasi itu membuat regenerasi menjadi salah satu aspek penting bahi Timnas Indonesia. Piala AFF 2024 pun dianggap cocok dijadikan ajang untuk memberikan pengalaman kepada para pemain muda.

Erick tidak ingin pemain Timnas Indonesia hanya diisi sosok yang itu-itu saja. Ia memberikan contoh Timnas Kroasia yang masih mengandalkan sejumlah pemain berumur seperti Luka Modric (38 tahun), Ivan Perisic (35), Marcelo Brozovic (31), Mateo Kovavic (30) dan Andrej Kramaric (33).

Baca Juga: Ragnar Oratmangoen Ungkap Kebiasaan Aneh, Punya Kemampuan yang Jarang Dimiliki Pemain Lain

"Kita enggak perlu takut, kita harus terus mempunyai talenta-talenta yang banyak," kata Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Gelandang timnas Kroasia, Luka Modric (tengah), Marcelo Brozovic dan pelatih Zlatko Dalic (kanan) bereaksi pada akhir pertandingan Grup B Euro 2024 antara Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig di Leipzig pada 24 Juni 2024. Italia menahan Kroasia 1-1 dan berhak melaju ke 16 besar.ANDERSEN Aneh / AFPGelandang timnas Kroasia, Luka Modric (tengah), Marcelo Brozovic dan pelatih Zlatko Dalic (kanan) bereaksi pada akhir pertandingan Grup B Euro 2024 antara Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig di Leipzig pada 24 Juni 2024. Italia menahan Kroasia 1-1 dan berhak melaju ke 16 besar.ANDERSEN Aneh / AFP

"Ini bukan omong besar ya, coba tim Kroasia kan tua semua sekarang. Kita bisa lihat sudah mulai lambat, Ivan Perisic yang dulu di sayap kiri sekarang di bek kiri. Hal-hal ini, ya, kembali, Kalau negara sebesar Kroasia saja mengalami stagnan soal talent, apalagi Kroasia," jelasnya.

Lebih lanjut, Erick bicara mengenai kompetisi usia dini. Selain turun menggelar Elit Pro Academy (EPA) Liga 1, nantinya juga akan ada Liga 2.

"Ya karena itu harus terus kita membongkar talenta dari bawah harus bisa lahir. Masa 280 juta (rakyat Indonesia) itu-itu saja yang main," jelasnya.

"Ini yang kita coba dorong. Tidak mudah saya tahu, tapi kita harus punya keberanian," pungkasnya.

Baca Juga: Cetak 2 Gol ke Gawang Filipina, Mierza Firjatulla Langsung Masuk Daftarr Top Skor Piala AFF U-16

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #turunkan #pemain #muda #piala #2024 #erick #thohir #singgung #kesalahan #kroasia

KOMENTAR