5 Fakta Menarik Kemenangan Portugal atas Ceko di Euro 2024: Pepe Jadi Pemain Tertua dalam Sejarah Turnamen
Bek timnas Portugal, Pepe melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024. Adrian DENNIS / AFP.
08:06
19 Juni 2024

5 Fakta Menarik Kemenangan Portugal atas Ceko di Euro 2024: Pepe Jadi Pemain Tertua dalam Sejarah Turnamen

Sederet fakta menarik tercipta setelah Portugal meraih kemenangan dramatis atas Republik Ceko dalam matchday pertama Grup F Euro 2024, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

Portugal, yang lebih diunggulkan dalam pertandingan di Red Bull Arena, Leipzig, dibuat kesulitan untuk mencetak gol oleh Republik Ceko.

Meski dominan dalam menguasaan bola dan peluang, mereka justru kebobolan lebih dulu oleh Luka Provod pada menit ke-62. Itu merupakan satu-satunya peluang yang diciptakan Ceko sepanjang laga.

Portugal langsung merespons usai tertinggal satu gol. Mereka cuma butuh tujuh menit untuk menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Robin Hranac.

Baca Juga: Rumania Raih Kemenangan Bersejarah di Euro 2024, Pelatih: Percayalah, Ini Tim yang Sangat Hebat!

Timnas Portugal melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024.Adrian DENNIS / AFP.Timnas Portugal melakukan selebrasi di lapangan setelah pertandingan Grup F UEFA Euro 2024 antara Portugal vs Republik Ceko di Stadion Leipzig di Leipzig pada 18 Juni 2024.Adrian DENNIS / AFP.

Di ambang akhir pertandingan, Portugal akhirnya berhasil melakoni comeback dramatis. Pada menit ke-90+2, Francisco Conceição mencetak gol penentu yang membawa Selecao das Quinas menang 2-1.

Sederet fakta dan data menarik pun tercipta pasca laga sengit itu. Berikut ulasannya.

1. Francisco Conceicao adalah pemain pengganti pertama yang mencetak gol untuk Portugal di Kejuaraan Eropa (Euro) sejak Éder di final 2016.

2. Ini merupakan kemenangan ketiga tim yang kebobolan lebih dulu di Euro 2024. Situasi itu hanya terjadi dua kali di babak penyisihan grup EURO 2020.

3. 368 umpan sukses Portugal di babak pertama vs. Ceko adalah rekor umpan terbanyak mereka di babak pertama Euro sejak 1980.

Baca Juga: Fenomena Timnas Pusat Disayang Suporter Indonesia, Netizen: Kembalikan Saja Hindia Belanda?

4. Pepe menjadi pemain tertua yang tampil di putaran final Euro atau Kejuaraan Eropa pada usia 41 tahun 113 hari – memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Gábor Király (40 tahun 86 hari).

5. Ronaldo menjadi pemain pertama yang tampil di enam edisi putaran final Euro.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #menarik #kemenangan #portugal #atas #ceko #euro #2024 #pepe #jadi #pemain #tertua #dalam #sejarah #turnamen

KOMENTAR