Rumania Raih Kemenangan Bersejarah di Euro 2024, Pelatih: Percayalah, Ini Tim yang Sangat Hebat!
Timnas Rumania merayakan kemenangan atas Ukraina pada pertandingan Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Senin (17/6/2024) malam WIB. [MIGUEL MEDINA / AFP]
00:54
19 Juni 2024

Rumania Raih Kemenangan Bersejarah di Euro 2024, Pelatih: Percayalah, Ini Tim yang Sangat Hebat!

Pelatih Timnas Rumania, Edward Iordanescu mengatakan kemenangan dengan skor telak 3-0 atas Ukraina pada laga Grup E Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Senin (17/6/2024) malam WIB sangat luar biasa.

Timnas Rumania meski hanya memiliki 21 persen penguasaan bola, tampil sangat efektif dengan menyarangkan tiga gol melalui Nicolae Stanciu (29'), Razvan Marin (53'), dan Denis Dragus (57').

Kemenangan ini selain menjadi awal manis Rumania di Euro 2024, juga merupakan kemenangan bersejarah bagi tim berjuluk The Tricolours tersebut.

Ini merupakan kemenangan kedua mereka sepanjang sejarah keikutsertaan di perhelatan empat tahunan ini. Rumania pertama kali turut serta di Euro pada edisi 1984, dan sebelumnya hanya meraih satu kemenangan dari total 16 pertandingan di Piaal Eropa.

Baca Juga: Trivia Portugal vs Republik Ceko, 5 Fakta Menarik Laga Grup F Euro 2024

Kemenangan pertama mereka di Euro terjadi pada fase grup edisi 2000 di mana saat itu menang 3-2 atas Inggris.

Terkait penampilan ini, Edward Iordanescu mengajak publik untuk percaya bahwa Rumania adalah 'tim yang sangat hebat'.

Gestur pelatih Timnas Rumania, Edward Iordanescu saat memimpin timnya di pertandingan Euro 2024. [Fabrice COFFRINI / AFP]Gestur pelatih Timnas Rumania, Edward Iordanescu saat memimpin timnya di pertandingan Euro 2024. [Fabrice COFFRINI / AFP]

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap warga Rumania di mana pun di dunia. Saya tahu mereka bersama kami di pertandingan ini. Itu adalah upaya luar biasa yang dilakukan tim saya," kata Edward dilansir dari laman resmi UEFA, Selasa.

"Jika Anda ragu, saya pikir Anda bisa mempercayai saya sekarang. Ya, ini adalah tim yang sangat hebat. Selamat kepada para pemain. Ini sungguh luar biasa," imbuh pelatih 46 tahun kelahiran Bucharest, Rumania tersebut.

Hal senada juga dikatakan pencetak gol pertama Rumania pada laga itu yaitu Stanciu yang mengatakan bahwa kemenangan meyakinkan atas Ukraina 'sungguh luar biasa'.

Baca Juga: 3 Rekor Epik Siap Diukir Cristiano Ronaldo di Laga Portugal vs Ceko, Legenda Sejati

Ia lalu mengatakan bahwa dukungan yang diberikan para suporter 'sungguh unik' karena ia sebagai pemain belum pernah merasakan dukungan seperti ini sebelumnya.

"Seragam ini sangat berarti bagi saya. Mencetak gol di putaran final Euro dan menang dengan cara yang kami lakukan, sungguh luar biasa," ucap gelandang berusia 31 tahun itu.

"Kakak-kakakku, ayahku, istriku, semuanya menitikkan air mata. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua dan saya harap kami membuat mereka sangat bahagia."

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #rumania #raih #kemenangan #bersejarah #euro #2024 #pelatih #percayalah #yang #sangat #hebat

KOMENTAR